10 Langkah Lakukan Isolasi Mandiri Pasien Covid-19
KABARMAKASSAR.COM | 02/11/2020 14:21
10 Langkah Lakukan Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

KabarMakassar.com -- Sejak kemunculannya, Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sampai hari ini masih terus menyebar. Jutaan orang di Dunia pun telah terinfeksi. 

Di Indonesia Sendiri sampai hari ini Minggu, 1 November 2020 tercatat 412.784 orang telah terkonfirmasi terpapar Covid-19 dengan 56.899 kasus aktif dan 341.942 pasien sembuh serta 13,943 dinyatakan meninggal.

Berbagai upayah telah dilakukan pemerintah guna menekan angka penyebaran virus corona di Indonesia salah satunya dengan melakukan isolasi bagi para suspek dan kontak erat dari pasien Covid-19, juga termasuk pasien terkonfirmasi.

Meski demikian, tidak semua pasien harus menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien dengan gelajala ringan bahkan yang tidak bergeja dipersilahkan melakukan isolasi mandiri di rumah

Tidak semua pasien Covid-19 harus menjalani perawatan di rumah sakit. Bagi suspek dan kontak erat bahkan pasien yang gejalanya ringan atau tidak bergejala (asimtomatik) boleh melakukan isolasi mandiri di rumah.

Isolasi mandiri ini dilakukan dengan tujuan memberikan ruang di rumah sakit bagi para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala berat dan membutuhkan perawatan intensif.

Perlu diketahui, isolasi diri dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan diri dan menghindari penularan pada orang-orang sekitar termasuk keluarga. Oleh karenanya itu, para pasien dan orang-orang yang diharuskan melakukan isolasi mandiri, tentu wajib memastikan tidak melakukan kontak melalui cara apapun dengan orang-orang di sekitarnya. Lalu, bagiamana cara melakukan isolasi mandiri?


Dailansir dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional, berikut 10 tips melakukan isolasi mandiri:

1. Tinggal di rumah dan tidak boleh berinteraksi dengan masyarakat.
2. Menggunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lain.
3. Jaga jarak lebih dari 1 meter dari anggota keluarga lainnya.
4. Menggunakan masker selama isolasi diri.
5. Ukur suhu tubuh setiap hari dan amati gejala yang dialami.
6. Hindari pemakaian bersama peralatan makan, peralatan mandi dan linen/sprei.
7. Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. 
8. Berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi.
9. Bersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh dengan cairan disinfektan.
10. Segera hubungi fasilitasi layanan kesehatan jika kondisi memburuk.

Meski tidak melakukan perawatan di rumah sakit, mereka yang melakukan isolasi diri tetap perlu melaporkan kondisi kesehatannya kepada fasilitasi layanan terdekat. 

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT