Pemerintah Putuskan Tak Ada Keberangkatan Jemaah Haji Tahun ini
KABARMAKASSAR.COM | 02/06/2020 15:15
Pemerintah Putuskan Tak Ada Keberangkatan Jemaah Haji Tahun ini

KabarMakassar.com — Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengumumkan membatalkan atau meniadakan pemberangkatan Ibadah Haji tahun ini.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel, Kaswad Sartono yang dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut.

“Iya benar, baru beberapa menit yang lalu keputusan itu diumumkan pak Menteri Agama kalau pemberangkatan haji tahun ini dibatalkan,” kata kaswad, Selasa (2/6).

Dengan adanya keputusan ini, kata dia, secara otomatis pemberangkatan calon jemaah haji yang sedianya akan diberangkatkan tahun ini diundur ke tahun depan.

“Nanti akan diumumkan dan disampaikan kepada calon jermaah haji bahwa akan diberangkatkan tahun depan, dan seluruh prosesnya,” ujarnya.

Sebelumnya, pengumuman pembatalan pemberangkatan jemaah calon haji tahun ini tersebut diumumkan langsung oleh Menteri Agama fachrul Razy melalui konferensi pers di Jakarta, Selasa (2/6) pagi.

Fachrul mengatakan, keputusan ini diambil karena pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua aspek masih menghantui dunia, termasuk di Arab Saudi yang merupakan negara tempat pelaksanaan ibadah haji.

Ia menjelaskan, sebelum mengambil keputusan ini, Kementerian Agama telah membentuk Pusat Krisis Haji 2020 yang diberi mandat untuk mitigasi penyelenggaraan haji 2020.

Menurut Fachrul, tim ini sudah membentuk kajian khusus tiga skema penyelenggaraan haji. Tiga skema tersebut yakni haji normal, pembatasan, dan dibatalkan.

Memasuki bulan Mei, ketiga opsi tersebut kemudian mengerucut pada pembatasan atau pembatalan. Hingga pada akhirnya diputuskan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun ini.

“Keputusan pahit ini harus diambil oleh pemerintah. Semua ini karena pertimbangan kesehatan dan keselamatan jemaah haji,” katanya.

Selain itu, kata dia, Arab Saudi juga tak kunjung membuka akses haji untuk negara manapun. Pihaknya, lanjut Fchrul, juga sudah mengeluarkan surat keputusan atas batalnya pemberangkatan jemaah calon haji tersebut, termasuk mengkomunikasikan keputusan ini dengan MUI dan Komisi VIII DPR RI.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT