Ruas-ruas Jalan Kota Makassar Mulai Ramai Pengemis Tiban Jelang Lebaran
KABARMAKASSAR.COM | 20/05/2020 14:01
Ruas-ruas Jalan Kota Makassar Mulai Ramai Pengemis Tiban Jelang Lebaran

KabarMakassar.com — Jelang lebaran, sejumlah pengemis mulai ramai memenuhi sejumlah ruas jalan di Kota Makassar. Kebanyakan mereka menunggu pengguna jalan untuk meminta bantuan berupa sembako dan makanan.

Adapun beberapa ruas jalan yang dipadati para pengemis itu yakni Jalan Urip Sumiharjo, Hertasning, Perintis Kemerdekaan, Jalan Haji Bau, Pantai Losari, Sungai Saddang dan beberapa ruas jalan lain yang ada di kota Makassar.

Para pengemis ini mulai berkegiatan pada sore hari. Umumnya para pengemis dadakan ini menggunakan alas kardus dan gerobak yang terdiri dari berbagai usia mulai kakek-kakek hingga anak-anak.

Salah satu pengemis yang sering mangkal di Jalan Urip Sumohardjo, Fatma mengatakan jika dirinya bersama sejumlah pengemis lain hanya duduk dipinggir jalan sambil menunggu uluran tangan dari para pengguna jalan.

“Kita menunggu di sini, sambil duduk-duduk, menunggu datangnya bantuan sama orang yang lewat, saya bawa anakku juga dua orang, masih kecil, kalau ada yang kasihki alhamdulillah, tapi setiap hari itu pasti adaji yang kasihki berupa makanan,” kata Fatma, Selasa (19/5).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan kepada warga miskin untuk diberikan bantuan.

“Sudah saya salurkan kemarin ke mereka-mereka itu, yang sudah terdata, dan dipanggil untuk diberikan bantuan,” kata Mukhtar.

“Lalu itu yang diberikan bantuan tanpa harus ada lagi persyaratan, berupa KK ataupun KTP, ini malam kita lakukan lagi razia untuk dilakukan pendataan,” katanya.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT