Jen Tang, Buronan Kelas Kakap Penjual Lahan Negara di Makassar Ditangkap di Senayan Jakarta
KABARMAKASSAR.COM | 17/10/2019 15:45
Jen Tang, Buronan Kelas Kakap Penjual Lahan Negara di Makassar Ditangkap di Senayan Jakarta

KabarMakassar.com-- Buronan kelas kakap pengusaha asal Makassar bernama Soedirjo Aliman alias Jen Tang bin Liem Eng Tek akhirnya terhenti. Tim Intelijen Kejaksaan Agung berhasil menangkap pengusaha asal Makassar dengan kasus dugaan korupsi penjualan lahan negara di Buloa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar pada tahun 2015 tersebut.

Diketahui, Pengusaha ini ditetapkan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Tinggi Sulsel sejak 1 November 2017 lalu. Jen Tang ditangkap di daerah Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/10).

BACA: Jelang pelantikan Presiden Pemkot Makassar Gelar Silaturahmi Tiga Pilar

"Tim Intelijen Kejagung berhasil menangkap buron seorang pengusaha besar asal Makassar di daerah Senayan, Jakarta setelah hampir 2 tahun menghilang sejak ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Mukri, dalam keterangan rilis yang diterima KabarMakassar.

Jen tang dinilai berperan sebagai aktor utama di balik terjadinya kerugian negara dalam pelaksanaan kegiatan penyewaan lahan negara yang terdapat di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Makassar.

Penetapan dirinya sebagai tersangka dikuatkan bukti-bukti yang didapatkan dari hasil pengembangan fakta persidangan atas tiga terdakwa dalam kasus korupsi penyewaan lahan negara Buloa ke PT PP untuk digunakan sebagai jalan masuk pengerjaan proyek Makassar New Port (MNP) pada tahun 2015.

Hingga saat ini perkaranya bergulir di tingkat kasasi. Jen Tang menyusul tiga tersangka lainnya yang kini sudah dinyatakan bebas oleh Mahkamah Agung, yakni Rusdin, Jayanti Ramli dan Muhammad Sabri, pejabat Asisten I Pemkot Makassar bidang pemerintahan.

Diketahui juga, kini Direktur PT Jujur Jaya Sakti itu sedang diterbangkan menuju Makassar. Rencananya, Jen Tang langsung akan dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Makassar sebelum menjalani persidangan.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT