Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Minta Anggaran Pembelian Helikopter, Untuk Apa?
KABARMAKASSAR.COM | 19/09/2019 20:29
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Minta Anggaran Pembelian Helikopter, Untuk Apa?
Nurdin Abdullah (kanan) dan Andi Sudirman Sulaiman (kiri) seusai dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, 5 September 2018. TEMPO/Ahmad Faiz

KabarMakassar.com-- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengusulkan pengadaan helikopter di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan mengungkapkan bahwa  pengusulan ini pasalnya sebuah kebutuhan pokok yang diperlukan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam dan sosial yang terjadi di Sulawesi Selatan.

"Inikan bukan daftar keinginan tapi daftar kebutuhan sangat-sangat penting sekali untuk 24 kabupaten kota ini kita lakukan percepatan terkait utamanya adalah bencana alam dan bencana sosial" ungkap Abdul Hayat Gani, saat ditemui usai menghadiri rapat Paripurna di gedung DPRD Sulawesi Selatan, Selasa 17 September 2019.

BACA: Tim Verifikasi Pusat Kota Sehat Kunjungi Makassar

Pasalnya langkah ini diambil sebagai bentuk cepat tanggap pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dalam menanggapi suatu bencana yang terjadi di daerahnya.

"Kita tidak mau ada bencana pemerintah dianggap terlambat hadir di situ, sehingga paling tidak ada akselerasi buat evakuasi bencana itu sehingga kita fokus untuk bagaiman caranya paling tidak ada satu helikopter di Sulsel yang setiap saat kita bisa gunakan" tambahnya.

Sementara untuk memilih unit helikopter ini pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mengaku akan memilih unit yang murah tetapi yang memiliki kualitas yang baik.

"Masih dalam kajian tapi kita sudah mulai antisipasi Anggaran apakah ada dari Eropa nanti kita lihat, kita cari yang lebih bagus dan murah, prinsipnya bagus dan murah,karena inikan pengadaannya untuk bencana bukan untuk Pemprov" tutupnya.

BACA: Pj Walikota Tiba Dari Australia, Langsung Kunjungi TPA Antang

Sebelumnya, Gubernur  Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah telah mengusulkan pengadaan helikopter melalui sistem penyewaan. Namun usulan ini ditolak DPRD Sulsel saat penyusunan APBD perubahan 2018 lalu  karena dianggap tidak mengacu ada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT