Demo Tolak Kenaikan BPJS Kesehatan, Diwarnai Tembakan Gas Air Mata dan 7 Mahasiswa Makassar Diamankan
KABARMAKASSAR.COM | 17/09/2019 17:07
Demo Tolak Kenaikan BPJS Kesehatan, Diwarnai Tembakan Gas Air Mata dan 7 Mahasiswa Makassar Diamankan

KabarMakassar.com— Demonstrasi mahasiswa yang berunjuk rasa di depan kantor Gubernur Sulawesi Selatan berlansung ricuh. Mereka memprotes rencana kenaikan tarif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Senin (16/09). Sebanyak 7 demonstran diamankan polisi.

Pantauan KabarMakassar.com, aksi yang dimulai pukul 16.30 WITA, Senin (16/09) itu dikawal ketat aparat kepolisian. Mahasiswa sempat membakar ban bekas dan replika keranda jenazah yang membuat api membubung dengan asap hitam yang cukup tebal. Mereka juga menutup satu jalur akses jalan sehingga menimbulkan kemacetan.   

BACA: Waspada Sebagian Wilayan Makassar dan Gowa Diselimuti Kabut Pagi Ini

Para demonstran yang tiba di depan Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumoharjo, Panakkukang, Makassar, Sulsel, langsung membakar ban bekas. Tidak berselang mereka secara bergantian berorasi menyampaikan aspirasi. Setelah itu, tiba-tiba aksi mahasiswa menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan itu melempari pagar Kantor Gubernur Sulsel. Pintu pagar masuk ke kantor Gubernur dirusak. Massa semakin tidak terkendali.

Melihat situasi yang mulai memanas itu, anggota pengamanan terpaksa menembakkan gas air mata ke arah demontstran. Mereka sempat membubarkan diri. Beberapa saat kemudian, para demonstran kembali ke depan Kantor Gubernur Sulsel. Mereka mencoba bertahan. Tapi, personel tambahan dari Polretabes Makassar tiba di lokasi. Mereka berhasil mengamankan titik aksi dan memukul mundur para demonstran hingga ke SPBU depan kantor Gubernur Sulsel.

Dalam kejadian tersebut, 7 demonstran berhasil diamankan dan dimasukkan ke mobil Raimas oleh pihak Kepolisian untuk di proses di Polrestabes Kota Makassar. Adapun nama-nama dari pelaku yang berhasil dibekuk ialah:

1. Sdr. Andi Mustafa Udin
ttl flores 17 Agustus 1996
Alamat Sudiang
Mahasiswa UIN Fak Dakwah

2. Sdr. Andilau, ttl Makassar 18-9- 2000,
operator spbu dg sirua

3. Sdr. Egiafiandi,, 19 tahun
UNM fakultas Olahraga
alamat Alauddin 2/Enrekang
HPMM Cab. Baraka

4. Sdr. Wawan, 26 tahun
Alumni Unismuh fak pertanian
alamat Jl. Toa dg 3 MKSR

5. Sdr. Sardi, 23, mahasiswa Yaspim
(StikipMakassar), Fak ekonomi
alamat .Minasa upa sekret GRD

6. Sdr. Samsyuar, 25 tahun
Mahasiswa Unismuh fak sospol (alumni
2017), alamat Galesong.

7. Sdr. Ahmad Kurama, 23 tahun
mahasiswa unismuh fak teknik sipil
alamat kotu kec. anggeraja kab
enrekang.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT