Pria Dewasa Cari Daun dan Kayu Sanrego, Obat Kuat atau Mitos?
KABARMAKASSAR.COM | 27/08/2019 16:17
Pria Dewasa Cari Daun dan Kayu Sanrego, Obat Kuat atau Mitos?

KabarMakassar.com -- Selasa, (27/8) Khasiat tumbuh-tumbuhan memang sudah terbukti sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Ada jenis tumbuhan langka daun dan kayu Sanrego di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang sangat diminati dan dicari oleh para pria dewasa untuk obat kuat ataukah sebatas mitos.

Kayu Sanrego, demikian warga menamakan tumbuhan ini, sesuai dengan tempatnya berkembang yakni di hutan Desa Sanrego, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

BACA: Pemprov Sulsel Gagas ATM Beras

Kayu Sanrego yang dalam bahasa latin disebut dengan Lunasia Amara adalah jenis tumbuhan semak belukar dan umumnya tumbuh di atas tanah yang berbatu.

Ternyata untuk mendapatkan kayu ini bukanlah hal yang mudah. Kita harus masuk hutan, dan mendaki tebing bebatuan serta dituntut paham betul tentang kayu ini.

Konon, awal mula pemanfaatan kayu Sanrego ini bermula dari seekor kuda jantan milik warga setempat. "Pernah ada kuda jantan sering makan ini daunnya, dan setiap dia habis makan daunnya, semua kuda betina mampu dilayani tanpa henti," Ridwan salah seorang warga setempat.

Cara mengkomsumsi kayu ini juga tergolong sangat mudah. Kayu hanya direndam minimal 15 menit dengan air putih hangat, baik daun, ranting serta akarnya. Semuanya diyakini berfungsi sama. Namun, konon pula, yang paling efektif adalah akar pohon ini.

Manfaat kayu Sanrego ini dipercaya mampu menandingi obat kuat lainnya. Bahkan kayu ini, katanya, sudah terkenal hingga ke India. Penelitian tentang kayu Sanrego ini juga telah pernah dilakukan, dan bahkan sekarang telah diolah menjadi jamu dalam kemasan. Dulu memang ada seorang teliti dari pakar fitokimia dan memiliki kandungan alkolid, sitosterol dan glokosida, sehingga kalau dikonsumsi memang bisa meningkatkan gairah.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT