Surat Perjalanan Dinas Fiktif, 6 OPD Sulawesi Selatan Dilaporkan ke KPK
KABARMAKASSAR.COM | 02/07/2019 11:30
Surat Perjalanan Dinas Fiktif, 6 OPD Sulawesi Selatan Dilaporkan ke KPK

KabarMakassar.com -  Adanya dugaan temuan Surat Perintah Perjalanan Dinas atau SPPD fiktif di enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Enam OPD yang dilaporkan ke KPK tersebut antara lain, Dinas Kesehatan (Diskes) Sulsel, Dinas Bina Marga, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Dinas Pendidikan (Disdik), dan Biro Umum Pemrpov Sulsel. Tidak hanya itu Sekretariat DPRD Sulsel pun masuk dalam pemeriksaan. 

Koordinator Wilayah VIII Korsupgah KPK Adlinsyah Malik Nasution mengatakan, benar saat ini KPK mendapatkan adanya temuan SPPD fiktif di tujuh OPD di Pemerintah Provinsi Sulsel.

Choky sapaan akrabnya menambahkan jika KPK mendapat pengaduan soal dugaan pembuatan dokumen perjalanan dinas fiktif yang ada di enam OPD dan satu dari Sekretariat DPRD Sulsel. 

Bahkan KPK sendiri merekomendasikan agar Inspektorat Pemprov Sulsel melakukan pemeriksaan.

"Ini sudah masuk dalam pengaduan yang masuk ke KPK, sehingga akhirnya kita merekomendasikan, ini hanya pemeriksaan," ujar Choky.

Ia mengatakan jika OPD yang dilaporkan bisa saja bertambah, namun hingga saat ini pihaknya hanya baru menerima 7 instansi yang masuk dalam laporan. "Kita justru menyarankan bisa lebih banyak, bukan cuma enam SKPD. Termasuk di dewan. Di dewan itu Sekwan," katanya.

(A. Ikal Pradipta/Fritz Wongkar)


BERITA TERKAIT