Kesulitan Urus Akta Tanah, Warga di Pinrang Bakar Kantor Desa
KABARMAKASSAR.COM | 06/05/2019 14:04
Kesulitan Urus Akta Tanah, Warga di Pinrang Bakar Kantor Desa
Foto: Polres Pinrang mengamankan Ms (42) warga asal Desa Tinombo kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Mutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Ia ditahan lantaran melakukan aksi nekat dengan membakar kantor Desa Mallongi-longi, Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Jumat (3/5)

KabarMakassar.com -- Polres Pinrang mengamankan Ms (42) warga asal Desa Tinombo kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Mutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Ia ditahan lantaran melakukan aksi nekat dengan membakar kantor Desa Mallongi-longi, Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Jumat (3/5)

Aksi nekat pelaku Ms membakar kantor desa tersebut lantaran kesal dengan pemerintah setempat saat melakukan pengurusan akte jual beli tanah. 

"Saya kecewa pak, makanya saya bakar itu kantor. Masa pihak kepala desa atau kecematan susah sekali mengurus, capek kita ini bolak-balik mengurus dari Sulteng ke Pinrang Sulsel. Saya menjual tanah milik warisan orang tua pak di ada yang di Dusun Kanarie, Desa Mallongi-longi dan satunya ditempat lain lagi, jadi total semuanya ada Rp200 juta, sudah kami bayar akta jual beli tanah dengan nilai Rp 5 juta, namun baru akte jual beli tanah sawah yang selesai, saya kayak dipermainkan sama pak Kades, mungkin masih dendam gara-gara dia curiga saya tidak mendukungnya pada Pilkades kemarin, " kata Ms.

BACA: Danau Tempe Di Wajo Diprediksi Hilang Tahun 2093

Untuk diketahui Ms memiliki lahan di lokasi berbeda, dimana pelaku memilik tanah sawah seluas 34 ha dan tanah kering seluas 18 ha. Diakui Ms tindakan yang dilakukan karena kesal dan kecewa maka melakukan pembakaran Kantor Desa Mallongi-longi dan setelah melakukan pembakaran di kantor desa pelaku diduga akan melakukan aksinya di kantor kecamatan namun pelaku berhasil diamankan oleh pers pospol Lanrisang dan langsung dibawa ke Mapolres Pinrang. 

Dua mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api dibantu oleh warga sekitar. Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Darma Negara menjelaskan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Pihaknya kini tengah meminta keterangan Ms selaku pelaku pembakaran Kantor desa.

"Kita sudah melakukan olah TKP termasuk memeriksa saksi-saksi dan pelaku, beberapa barang bukti seperti seng bekas , kayu parang dan HP pelaku juga telah kita amankan, "jelas Darma

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT