Hentikan Liga 1, Jokowi Minta Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan
BACAINI.ID | 02/10/2022 07:49
Hentikan Liga 1, Jokowi Minta Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Eril

Bacaini.id, KEDIRI – Presiden Joko Widodo memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Kompetisi Liga 1 Indonesia. Hal ini merupakan buntut dari tragedi Kanjuruhan Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022, malam.

Keputusan tersebut secara tegas disampaikan Presiden Jokowi akibat kerusuhan yang terjadi usai pertandingan Arema melawan Persebaya memakan ratusan korban jiwa.

“Untuk itu saya memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” tegas Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Minggu, 2 Oktober 2022.

Presiden Jokowi sangat menyayangkan atas terjadinya insiden tersebut dan berharap tragedi kemanusiaan tidak akan terjadi lagi dalam penyelenggaraan kompetisi olahraga, khususnya sepak bola Indonesia.

“Saya menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita dalam tragedi sepakbola di Kanjuruhan Malang Jawa Timur. Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini,” ujar Jokowi.

Atas kejadian ini, Presiden Jokowi meminta kepada Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa timur untuk memonitor khusus bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan yang baik.

Selain itu juga memerintahkan kepada Menpora, Kapolri dan PSSI melakukan evaluasi secara menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola dan prosedur pengamanan penyelenggaraannya.

“Khusus kepada Kapolri saya minta untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini,” tandasnya.

 

 

Bacaini.id.


BERITA TERKAIT