Gedung Megah DPRD Bangkalan, Telan Biaya Rp 66 Miliar
BACAINI.ID | 06/01/2022 12:20
Gedung Megah DPRD Bangkalan, Telan Biaya Rp 66 Miliar
Gedung DPRD DKI Jakarta. Dprd-dkijakartaprov.go.id
 

Bacaini.id, BANGKALAN – Pembangunan gedung baru DPRD Bangkalan yang megah dan mewah telah rampung 100 persen. Para anggota legislatif beserta Sekwan terlihat boyongan dari gedung lama ke gedung baru yang menghabiskan biaya sekitar Rp 6,6 miliar itu.

Bangunan berlantai tiga yang berada di jalan Halim Perdana Kusuma, Kelurahan Mlajah Bangkalan ini memang menyajikan kemegahan dan kemewahan. Bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas 13.250 meter persegi, dengan luas bangunan 5.778 meter persegi. Gedung ini memiliki luas sekitar 1.500 meter persegi di setiap lantainya.

Bangunan dikonsep dengan ‘Tanean Lanjeng’ (atap miring), bangunan khas Madura, serta terkesan tidak membumi dengan pembangunan dasar gedung menggunakan konsep floating floor. Selain itu, gedung ini ditopang 440 buah tiang pancang sehingga tampak tidak menyentuh tanah, mengadopsi pondasi ‘langger’ atau mushola kuno khas Madura.

Pembangunan gedung ini menelan anggaran fantastis, yang dilakukan secara bertahap sejak tahun 2019. Pada tahun pertama kucuran dana yang digelontorkan sebesar Rp 45,2 miliar untuk pembangunan fisik. Lalu pada tahun 2020 dikucurkan Rp 5 miliar untuk pembangunan pagar dan halaman. Kemudian ditambah Rp 16 miliar pada 2021 untuk penambahan daya listrik, pompa air, pemasangan lift, pembangunan gerbang, taman dan pos satpam.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Bangkalan, Ishak Sudibyo mengatakan kucuran dana untuk merampungkan pembangunan kantor DPRD Bangkalan setelah tiga tahun dilakukan secara bertahap.

“Gedung itu sudah rampung 100 persen. Serah terima aset sudah ke DPRD, kemungkinan bulan ini ditempati,” kata Ishak, Rabu 5 Januari 2022.

Bacaini.id mencoba menelusuri kemegahan dan kemewahan gedung DPRD Bangkalan. Di lantai dasar merupakan ruang kerja para pegawai dan ada ruang resepsionis yang dilengkapi dengan sofa atau tempat duduk untuk tamu.

Masuk gedung lebih dalam terlihat tangga dan juga lift menuju lantai 2 dan 3. Lantai dua digunakan untuk ruangan fraksi yang cukup luas dan megah. Terakhir di lantai 3 merupakan ruang komisi dan rapat paripurna yang diberi nama ‘Cipta Indra Cakti Dharma’.

Bagian dalam ruang rapat paripurna memang tampak mewah. Selain tatanan meja dan kursi yang lebih modern juga dilengkapi dengan layar besar di bagian depan. Di bagian atas ruangan tersedia balkon untuk para awak media. Desain ruang rapat paripurna ini diklaim akan menjadi yang termegah se-Jawa Timur.

Ketua DPRD Bangkalan, Muhammad Fahad mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses boyongan atau beres-beres berkas. Namun pihaknya belum memastikan peresmian penempatan gedung baru tersebut.

“Sambil menunggu jadwal dari Bupati saat ini sedang proses pemindahan barang-barang,”katanya.

Saat ini kantor baru tersebut dalam masa perawatan pengembang selama 6 bulan kedepan. Bila ada kerusakan di dalam gedung akan menjadi tanggung jawab pihak ketiga. Dengan adanya gedung yang baru diharapkan para wakil rakyat di Kabupaten Bangkalan lebih nyaman bekerja dan lebih giat membela kepentingan rakyat kecil.

The post Gedung Megah DPRD Bangkalan, Telan Biaya Rp 66 Miliar appeared first on Bacaini.id.


BERITA TERKAIT