Semeru Erupsi, Langit Lumajang Gelap
BACAINI.ID | 04/12/2021 14:30
Semeru Erupsi, Langit Lumajang Gelap
 

Bacaini.id, LUMAJANG – Gunung Semeru kembali menunjukkan peningkatan aktivitas pada Sabtu, 4 Desember 2021. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi awal terjadi pada pukul 13.30 WIB. Hingga saat ini erupsi masih berlangsung hingga membuat langit disana gelap gulita.

Kepala PVMBG Andiani menuturkan erupsi diawali dengan laharan. Luncuran guguran awan panas sudah sejauh 11 kilometer mengarah ke Curah Besuk Kobokan, Desa Sipiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

”Tidak ada letusan. Hingga saat ini, erupsi masih berlangsung. Hingga saat ini, visual gunung masih tertutup kabut,” jelas Andiani kepada Bacaini.id, Sabtu, 4 Desember 2021.

Aktivitas vulkanik tercatat di seismogram amplitudo maksimum 25 mm. Status Gunung Semeru saat ini masih di level 2 waspada sejak 12 mei 2012.

Andiani mengimbau masyarakat yang tinggal di aliran lahar segera menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Hingga saat ini petugas masih fokus mengevakuasi warga.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabiupaten Lumajang Wawan Hadi mengatakan kondisi langit gelap yang terjadi saat ini karena hujan. “Listrik padam. Kondisi juga hujan deras menimbulkan asap menutupi langit,” bebernya.

 

The post Semeru Erupsi, Langit Lumajang Gelap appeared first on Bacaini.id.


BERITA TERKAIT