Tanah Rumah Warga di Kota Batu Ambles Hingga 15 Meter
BACAINI.ID | 29/11/2021 06:58
Tanah Rumah Warga di Kota Batu Ambles Hingga 15 Meter
Sebagian badan jalan yang dekat dengan Jembatan Sungai Cipamingkis, Kabupaten Bekasi, ambles, Jumat, 23 Maret 2018. Foto:Facebook
 

Bacaini.id, BATU – Bencana hidrometeorologi di Kota Batu masih akan menghantui kawasan Malang Raya, khususnya di Kota Batu. Tak hanya bencana banjir bandang, kejadian tanah ambles dan longsor juga sudah mulai terjadi di beberapa titik.

Terbaru, sebidang tanah rumah milik warga di Jalan Tenes RT 2 RW 3 Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu ambles. Kedalaman tanah bahkan ambles mencapai 15 meter hingga terbentuk semacam rongga besar.

Akibatnya dinding dan pondasi rumah milik warga bernama Siyoko itu mengalami keretakan. Untung saja titik keretakan hanya terdapat di kamar mandi. ”Kami rekomendasikan untuk tidak memakai kamar mandi untuk sementara,” ungkap Plt Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, Senin, 29 November 2021.

Diketahui peristiwa tanah ambles ini terjadi pada Minggu, 28 November 2021 pukul 12.00 WIB. Bencana terjadi saat kawasan tersebut diguyur hujan deras. Dimensi lubang tanah yang ambles mencapai panjang 4 meter, lebar 3 meter dan kedalaman 15 meter.

Usai kejadian petugas BPBD memasang garis pengaman. Petugas melakukan pemasangan terpal di titik terdampak untuk menahan air hujan agar lubang tidak semakin meluas.

Rencananya petugas dengan perangkat Kelurahan Sisir akan melakukan pengurukan dan penataan ulang saluran limbah domestik serta melaukan rehabilitasi rumah terdampak. ”Untuk pemilk rumah tidak sampai mengungsi yang rusak hanya bahian kamar mandi,” pungkasnya.

Data milik Pusdalops BPBD Kota Batu, kejadian tanah ambles akibat intensitas hujan dan saluran drainase yang sempit ini bukan kali yang pertama di tahun 2021 ini. Ini adalah kali kelima peristiwa tanah ambles.

Kejadian tanah ambles pertama kali terjadi di Jalan Imam Bonjol Gang 3 RT 2 RW 1 pada bulan Juni. Lalu di bulan September terjadi di Jalan Suropati, Kelurahan Ngaglik.

Lalu di bulan November, ada dua kejadian. Masing-masing di Jl Agus Salim Gg. Soponyono  RT 1 RW 3 dan Jl Agus Salim Gg Soponyono RT 2  RW 3. Rata-rata tanah ambles terjadi di Kecamatan Batu.

Sebelumnya juga sempat terjadi peristiwa pohon tumbang yang menimpa sebuah warung di Jalan Diponegoro, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Pohon yang tumbang memiliki usia ratusan tahun dengan tinggi 15 meter. Untung tidak ada korban jiwa.

The post Tanah Rumah Warga di Kota Batu Ambles Hingga 15 Meter appeared first on Bacaini.id.


BERITA TERKAIT