Ruang Kelas di Jombang Ambruk Karena Lapuk
BACAINI.ID | 08/10/2021 06:30
Ruang Kelas di Jombang Ambruk Karena Lapuk

Bacaini.id, JOMBANG – Sebuah ruang kelas Sekolah Dasar Negeri Catakgayam Kecamatan Mojowarno Jombang ambruk. Beruntung tak ada siswa yang berada di dalamnya saat insiden terjadi.

Ruang kelas SDN Catakgayam 1 ini ambruk pada Rabu malam, 6 Oktober 2021. Pengelola sekolah juga telah mengosongkan ruangan tersebut karena mengalami rusak parah. “Kita sudah kosongkan tiga ruangan karena kondisinya sudah tidak aman,” ujar Miftahul Rahma, Plt Kepala Sekolah SDN Catak Gayam 1 kepada Bacaini, Kamis, 7 Oktober 2021.

Rahma menjelaskan pihak sekolah sebenarnya sudah mengajukan perbaikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang sejak tiga tahun lalu. Sayangnya, dari enam pengajuan ruang kelas hanya tiga ruang yang disetujui. Ketiga ruang kelas ini direhabilitasi pada tahun 2020 kemarin. Sedang sisanya tiga ruang kelas dibiarkan rusak tanpa perbaikan.

Selama belum ada perbaikan, pihak sekolah sudah mengambil langkah antisipasi. Apalagi selama pandemi, sekolah memasukan siswanya secara bergantian. Sehingga tiga ruang kelas yang sudah dibangun akhirnya digunakan secara bergiliran. Sedangkan tiga ruang kelas yang rusak sementara dikosongkan.

Untuk mencegah siswa masuk, pintu kelas juga dipasang tali rafia sebagai tanda peringatan. Anak anak dilarang mendekat dan bermain di sekitar lokasi tiga ruang kelas yang  sudah dikosongkan.

Soal ambruknya ruang kelas tersebut, Rahma mengaku tidak tahu persis penyebabnya. Diperkirakan karena kondisi atap kayu yang lapuk, ditambah curah hujan beberapa hari ini membuat beban bangunan lebih banyak. Sehingga atap yang lapuk tidak mampu menyangga.

Saat ini pihak sekolah belum membersihkan bekas reruntuhan itu sambil menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan.

Tonton video:

The post Ruang Kelas Ambruk Karena Lapuk appeared first on Bacaini.id.


BERITA TERKAIT