Peternak Kediri Bagikan 2,5 Ton Telur Gratis
BACAINI.ID | 01/10/2021 11:48
Peternak Kediri Bagikan 2,5 Ton Telur Gratis
Ilustrasi peternakan ayam/ayam petelur. TEMPO/Fahmi Ali
 

Bacaini.id, KEDIRI – Komunitas Peternak Layer Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri membagikan ribuan telur gratis kepada masyarakat. Aksi damai ini dilakukan sebagai protes anjloknya harga telur di tingkat peternak.

Ratusan peternak membagikan sekitar 2,5 ton telur gratis di Terminal Sambi, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri. Nafi Rojulus, selaku Korlap aksi mengatakan saat ini kondisi peternak sangat terpuruk.

“Ini salah satu bentuk aksi kebersamaan yang sengaja kami lakukan bersamaan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila, agar suara kita didengar oleh pemerintah,” kata Nafi kepada Bacaini.id di sela pembagian telur gratis, Jumat, 1 Oktober 2021.

Aksi damai dilakukan oleh 100 peternak yang mengeluhkan anjloknya harga telur yang berada di kisaran harga 12-15 ribu dalmm beberapa waktu terakhir. Bersamaan dengan hal itu, harga pakan ternak melonjak semakin tinggi.

Selain itu aksi juga dilakukan atas dasar turunnya daya beli masyarakat selama masa pandemi Covid 19 akibat lemahnya perekonomian. Dampaknya, telur hasil peternak semakin tidak laku di pasaran.

“Harapannya, keberadaan peternak layer di Kecamatan Ringinrejo khususnya, bisa mendapat perlindungan sepenuhnya dari pemerintah,” ungkapnya.

Ditambahkan Nafi, lebih dari 4.000 butir telur gratis yang dibagikan dengan jumlah 500 bungkus plastik. Setiap bungkus berisi 8 butir setara dengan berat setengah kilogram telur.

Karena terhalang perijinan, tidak semua telur dibagikan decara drive thru di lokasi. Sebagian lainnya dibagikan door too door ke rumah warga sekitar Kecamatan Ringinrejo.

“Yang penting aksi sebagai wujud protes sekaligus keprihatinan kami bisa tersampaikan. Kami melakukan sesuai ijin dari pihak kepolisian agar tidak menimbulkan kerumunan,” pungkasnya.

Kegiatan bagi telur gratis menarik antusias masyarakat, terlihat dari banyaknya pengendara yang mampir. Salah satunya Saiful, warga Kecamatan Ringinrejo. “Senang dapat telur gratis, nanti untuk dimasak,” kata Saiful.

Sebagai warga, Saiful juga berharap aksi protes yang dilakukan para peternak bisa tersampaikan dan mendapat perhatian dari pemerintah. “Semoga harga telur dan pakan segera bisa sama-sama stabil,” ujarnya singkat.

Penulis: Novira Kharisma
Editor: HTW

tonton video:

The post Peternak Kediri Bagikan 2,5 Ton Telur Gratis appeared first on Bacaini.id.


BERITA TERKAIT