Panen Melimpah Picu Anjloknya Harga Cabai
BACAINI.ID | 28/08/2021 04:26
Panen Melimpah Picu Anjloknya Harga Cabai
Sambal biasa disajikan sebagai makanan pelengkap di Indonesia. Foto: Canva
 

Bacaini.id, KEDIRI – Anjloknya harga cabai di pasaran membuat petani dan pedagang di Kediri kelimpungan. Para petani bahkan harus menanggung rugi karena tingginya biaya tanam.

Hanya dalam waktu satu bulan, harga cabai yang sempat tembus Rp 100 ribu per kilogram anjlok menjadi Rp 9.000 per kilogram. Kondisi ini membuat petani cabai meradang. “Kalau harga Rp 9.000 hanya cukup untuk beli pupuk,” kata Astubi, petani cabai di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri kepada Bacaini.id, Sabtu 18 Agustus 2021.

Selama menjadi petani cabai 20 tahun, Astubi baru merasakan jatuhnya harga cabai sekarang ini. Menurut perhitungannya, harga cabai yang ideal adalah di atas Rp 15.000 per kilogram. Dengan harga itu para petani sudah dapat menikmati untung.

Sebab beban produksi yang harus ditanggung petani cukup besar. Astubi sendiri hanya bisa menyewa tanah bengkok yang tiap tahunnya harus membayar sewa Rp 3,5 juta. Belum lagi biaya pengairan yang harus menggunakan mesin diesel setiap tiga pekan sekali.

Untuk memaksimalkan lahan seluas 100 meter yang ia sewa, Astubi melakukan tumpang sari dengan menanam jagung di sela cabai. “Kalau hanya menanam cabai dan harganya tidak stabil jelas rugi,” katanya.

Penurunan harga cabai juga dikeluhkan petani di Pasar Bagindowati, Kabupaten Kediri. Harga cabai rawit terus turun di pasaran, mulai Rp 20.000, 15.000, hingga 10.000 per kilogram. Penurunan harga ini dipicu melimpahnya hasil panen cabai di tingkat petani. “Kalau dari tengkulak naik ya, aku naikkan harganya,” jelas Sofia, salah satu pedagang di Pasar Bagindowati.

Kios Sofia menjual cabai lalap dengan harga per kilonya Rp 10,000. Cabai rawit dibandrol Rp 13.000, cabai merah blondo Rp 14.000, dan cabai kriting imperal Rp 10.000 per kilogram.

Penulis: Dila, Ain, Tisa
Editor: HTW

Tonton video:

The post Panen Melimpah Picu Anjloknya Harga Cabai appeared first on Bacaini.id.


BERITA TERKAIT