Menteri Kesehatan Minta Tunda Mudik Lebaran
BACAINI.ID | 23/03/2021 11:43

Bacaini.id, KEDIRI – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat menunda mudik lebaran tahun ini. Meski angka Covid di Indonesia cenderung menurun, pemerintah akan menuntaskan pemberian vaksin terlebih dulu.

 “Saya menyarankan untuk jangan grusa-grusu pulang dulu, tetap stay di rumah jangan kemana-mana. Insyaallah kalau tahun ini tidak naik lagi, setelah vaksin selesai kita bebas kemana-mana,” jelas Menkes saat memantau pelaksanaan vaksin di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Selasa 23 Maret 2021.

Menkes juga meminta masyararakat untuk tidak menurunkan kewaspadaan meski telah terjadi penurunan kasus. Ini lantaran sebentar lagi akan memasuki libur panjang yang berpotensi menyumbang kenaikan kasus.

Dalam hitungan Menkes, jumlah warga yang berpotensi terpapar dalam libur panjang adalah 30 persen. Jika dihitung dengan riil, angka itu sebanyak 50 ribu orang dalam sekali libur panjang.

“Di seluruh dunia 20 persen masuk rumah sakit, 80 persen sembuh sendiri. Kalau 50 ribu yang kena, 10 ribu masuk rumah sakit dan yang meninggal dua ribu orang lagi,” kata Menkes.

 Budi Gunadi juga mengatakan jika penurunan kasus Covid-19 hanya terjadi di Indonesia. Sedangkan di luar negeri justru mengalami kenaikan signifikan.

Penulis: Karebet
Editor: HTW

Tonton video:

The post Menteri Kesehatan Minta Tunda Mudik Lebaran appeared first on Bacaini.id.