Deteksi Covid-19 Karya Anak Bangsa Genose C-19 Mulai Digunakan kepada Pengunjung Stasiun Tugu Yogyakarta
SOLOTRUST.COM | 05/02/2021 15:15
Deteksi Covid-19 Karya Anak Bangsa Genose C-19 Mulai Digunakan kepada Pengunjung Stasiun Tugu Yogyakarta

YOGYAKARTA, solotrust.com- Setelah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan, perangkat alat uji test covid-19 karya anak bangsa Genose C-19 akhirnya untuk pertama kali mulai akan digunakan di Stasiun Yogyakarta.

Meski baru secara resmi diluncurkan pada hari ini, Jumat (5/2/2021), namun perangkat uji test covid-19 ini mulai digunakan pada Kamis (4/2) untuk melayani calon penumpang kereta api yang akan melakukan perjalanan jarak jauh.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 6 Yogyakarta, Supriyanto menjelaskan, keberadaan perangkat uji test Covid ini sangat direspon positif oleh para calon penumpang karena lebih praktis, hanya dengan meniup kantong plastik dan hasilnya pun cepat diketahui, sekitar 15 menit kemudian.

“Saat ini terdapat ada 6 alat Genose yang disediakan di 6 bilik untuk melayani uji test Covid-19 yang diperuntukan bagi calon penumpang,” ujarnya.

Ditegaskannya, keberadaan Genose C-19 produk hasil penelitian UGM ini tidak akan mengantikan uji test covid-19 melalui rapid test maupun test  antigen  yang  selama  ini digunakan.  

Kehadiran perangkat genose ini disambut baik oleh para calon penumpang, lantaran selain praktis dibanding dengan metode lain juga harga sangat terjangkau yakni Rp 20 ribu.

“Yang pertama karena murah terus singkat padat jelas, jadinya lebih efisian.” Ucap salah satu penumpang Kereta Api, Dwi Najah.

Untuk menggunakan Genose, calon penumpang tidak diperbolehkan merokok maupun minum kopi 30 menit sebelum dilakukan test. Pada tahap pertama perangkat Genose C-19 ini baru tersedia di dua stasiun besar, Pasar Senen Jakarta dan Yogyakarta. (adam)  

SOLOTRUST.COM


BERITA TERKAIT