Gubernur Ganjar Pranowo Minta Percepatan Vaksinasi Tenaga Kesehatan
SOLOTRUST.COM | 19/01/2021 16:01
Gubernur Ganjar Pranowo Minta Percepatan Vaksinasi Tenaga Kesehatan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto: Humas Pemprov Jateng

SEMARANG, solotrust.com- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek sejumlah puskesmas dan rumah sakit di Kota Semarang yang sedang melakukan vaksinasi. Selain memberikan semangat kepada tenaga kesehatan, Ganjar juga mengecek kesiapan fasilitas kesehatan itu apabila dilakukan percepatan vaksinasi.

Sejumlah fasilitas kesehatan yang dikunjungi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo adalah Puskesmas Kagok, RSND Undip, Puskesmas Rowosari dan RS Bhakti Wira Tamtama, Kota Semarang.

Ganjar Pranowo menegaskan bahwa proses vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Jateng berjalan lancer, ia pun melihat masih ada hal yang harus dievaluasi yakni lamanya proses vaksinasi berlangsung.

Sebenarnya hal ini bisa dilakukan percepatan-percepatan, misalnya sistemnya bisa lebih disederhanakan, pengisian administrasinya disederhanakan agar bisa lebih cepat.

“Maksud saya agar nakes kita itu lebih cepat divaksin, lebih baik dan kemudian kerjanya akan kita percepat.” Katanya.

Saat ini sistem hanya membatasi 45 orang divaksin di satu lokasi dalam sehari, namun kebijakan terbaru dari Kemenkes layanan kesehatan boleh melakukan penambahan, yakni 50 orang untuk Puskesmas dan 200 orang di Rumah Sakit.

Dari hasil pengecekan sarana prasarana, seluruh faskes tersebut bisa didorong untuk melakukan percepatan, sumber daya manusia sebagai vaksinator juga sudah ada dan semua siap bertugas, agar semua nakes lebih cepat divaksin dan mereka bekerja dengan aman dan nyaman.

Dengan percepatan itu maka target awal vaksinasi tahap pertama untuk nakes selesai akhir Februari. Ganjar menargetkan awal Februari atau paling lambat pertengahan semuanya sudah selesai.

Sementara itu salah satu tenaga kesehatan yang divaksin adalah Dokter Andika Gunadharma, pihaknya  mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut di vaksin, karena vaksin ini sangat aman dan untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 agar pandemi segera berakhir. Ia pun  sangat bangga mendapat suport langsung dari Gubernur Ganjar. “Dukungan dan suport ini sangat berarti dan membuat semangat semakin meninggi.” Katanya.

ia pun berharap ikhtiar ini bisa membuat semua teman-teman nakes sehat dan bisa melaksanakan tugasnya menolong masyarakat melawan covid-19. (vit)

SOLOTRUST.COM


BERITA TERKAIT