WNI Pulang dari Malaysia Melalui Jalan Tikus di Entikong Terus Meningkat
SUARAINDO.ID | 08/05/2020 15:40
WNI Pulang dari Malaysia Melalui Jalan Tikus di Entikong Terus Meningkat
Suaraindo.id - Jalur tidak resmi atau biasa disebut jalan tikus di sisi Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong menjadi alternatif kepulangan WNI yang masih berada di Malaysia.
 
Sejak negara Jiran itu melakukan lockdown jumlah kedatangan WNI melalui jalan tikus semakin meningkat. Apalagi ketika memasuki Bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri 1441 Hijriah.
 
Pada Bulan April, WNI yang pulang dari Malaysia melewati jalan tikus di sisi PLBN Entikong tercatat sebanyak 317 orang. Sedangkan sepekan terakhir sudah ada 72 orang.
 
"Hingga saat ini, WNI pelintas batas yang pulang dari Malaysia melewati jalan tikus PLBN Entikong semakin meningkat," kata  Dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang, Kamis (7/5/2020).
"Contohnya dua hari terakhir, sebanyak 24 WNI pelintas batas yang kami amankan dan langsung dibawa ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak wilayah kerja Entikong guna menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai protokol Covid-19," kata dia.
 
Di lokasi jalan tikus, pihaknya juga menyiapkan alat pengukur suhu tubuh. Termasuk di setiap pos penjagaan," ujarnya.
 
Menyikapi semakin meningkatnya WNI yang pulang dari Malaysia melewati jalan tikus, pihaknya akan meningkatkan pengamanan maupun pengawasan selama satu kali dua puluh empat jam sehingga WNI yang pulang dari Malaysia bisa dipastikan terdata semua dan melalui protokol kesehatan yang berlaku. (R_209)

SUARAINDO.ID

BERITA TERKAIT