Bupati Merauke Segera Keluarkan Instruksi Tanam Padi Serentak
TEROPONGNEWS.COM | 28/09/2022 16:01
Bupati Merauke Segera Keluarkan Instruksi Tanam Padi Serentak
Ilustrasi petani/sawah/padi. ANTARA/Abriawan Abhe

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke segera mengeluarkan instruksi tanam padi serentak, dalam rangka mencegah penyerangan hama pada tanaman padi yang mengakibatkan petani gagal panen.

Dikatakan, ketika penanaman serentak dilakukan petani otomatis mampu menekan serangan hama pada tumbuhan padi. Meskipun ada keluhan petani pada faktor modal, masalah irigasi, pupuk dan tenaga yang dibutuhkan.

“Kita upayakan ke depan harus sama-sama. Tapi realita di lapangan akan tergantung dari para petani untuk kesiapannya. Kalau mau menghindar dari hama, harusnya kita serentak, ” ujar Romanus Mbaraka di Merauke, Selasa (27/9/2022).

Para petani perlu mempertimbangkan dampak dan solusi yang ditawarkan pemerintah agar tidak mengalami kerugian gagal panen akibat serangan hama, sebagaimana yang terjadi di tahun 2022 ini. Puluhan hektar padi sawah milik Petani Merauke gagal panen akibat serangan hama tungro imbas dari perubahan iklim.

Perubahan iklim terjadi hampir di semua negara dan telah mempengaruhi produktivitas pangan, sebab kondisi iklim memunculkan hama atau penyakit tanaman baru dan membuat hama yang sudah ada semakin ganas.

Jika kondisi ini terus terjadi, maka dipastikan stok beras menipis, dan ketahanan pangan di wilayah Merauke akan merosot. Untuk itu, perlu dipahami bersama langkah-langkah yang diambil pemerintah.

 

**


BERITA TERKAIT