Walikota Sorong Resmikan Patung dan Gapura Bandara Domine Eduard Osok
TEROPONGNEWS.COM | 01/03/2022 22:50
Walikota Sorong Resmikan Patung dan Gapura Bandara Domine Eduard Osok

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Walikota Sorong, Lambert Jitmau meresmikan patung dan gapura Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, yang berada di pelataran parkir Bandara DEO Sorong, Selasa 1 Maret 2022.

Kepala Bandara DEO Sorong Cece Tarya dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya akan terus menghadirkan fasilitas-fasilitas pelayanan melalui kreativitas dan inovasi yang berkualitas dalam rangka memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh pengguna jasa, terutama masyarakat Sorong.

Diungkapkan Cece, nama Bandara Domine Eduard Osok ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan No 44 tahun 2005. Saat itu bandara berpindah, dari Bandara Jefman di Raja Ampat ke Kota Sorong. Patung dan gapura tersebut menelan biaya hingga Rp 2,1 milyar.

“Anggarannya Rp 2,1 Miliar, mulai dari patung, pintu gerbang sampai pelebaran jalannya. Untuk tinggi patung kalau dari jalan sekitar 10,75 meter, kalau tinggi patung 50 persennya berarti 5,25 meter dari kaki sampai ke atas,” terang Cece.

“Monumen ini di belakangnya nanti akan ada tulisan I love Sorong, bisa jadi destinasi wisata atau tempat selfie pengunjung. Ini akan menjadi monumen kebanggan, jadi kita akan hadirkan sesuatu yang luar biasa supaya kita tidak ketinggalan dengan wilayah lainnya,” tambah Cece.

Sementara itu, walikota Sorong Lambertus Jitmau, dalam sambutannya mengatakan bahwa ia memberikan apresiasi kepada kantor UPBU kelas 1 DEO Sorong atas inisiasi dibangunnya tugu salah satu tokoh perintis Injil masuk Kota Sorong itu.

Menurut Lambert, pemberian nama pada Bandara DEO Sorong sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap Tokoh Moi selaku masyarakat asli Sorong.

“Ini merupakan salah satu filosofi dimana bumi itu dipijak di situ langit itu dijunjung. Hari ini merupakan momentum yang baik sekali berkaitan dengan dua hari ulang tahun yaitu ulang tahun Kantor UPBU Kelas I Domine Eduard Osok Sorong yang ke-17 dan HUT Kota Sorong yang ke-22 Tahun,” pungkas Lambert.

“Saya berharap dengan adanya peresmian patung dan gapura ini, akan memperindah wajah Bandara DEO Sorong. Di samping itu patung ini akan menjadi situs sejarah tentang Tokoh Moi yang merupakan perintis sekaligus hamba Tuhan di Kota sorong yang kita cintai bersama ini," pungkas Walikota.

teropongnews.com


BERITA TERKAIT