Universitas Victory Sorong Lakukan Wisuda Drive Thru, Usai Dipindahkan Tali Toga Tancap Lagi
TEROPONGNEWS.COM | 16/10/2020 17:10
Universitas Victory Sorong Lakukan Wisuda Drive Thru, Usai Dipindahkan Tali Toga Tancap Lagi

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Universitas Victory Sorong (Unvic) menggelar wisuda drive thru, Kamis (15/10/2020). Wisuda secara drive thru ini dilakukan demi menerapkan protokol kesehatan physical distancing atau menjaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Pantauan media ini, wisudawan yang mengikuti proses wisuda diantar oleh keluarga mereka dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Saat kendaraan masuk ke dalam kampus, wisudawan tuurun dari kendaraan tepat di pintu masuk yang telah ditentukan untuk menghadap Rektor.

Rektor pun memindahkan arah tali toga yang tadinya di samping kepala sebelah kiri wisudawan dipindahkan ke sisi kanan, sebagai tanda kelulusan.

Setelah selesai memindahkan tali toga, kendaraan wisudawan langsung memutar gedung rektorat menuju pintu keluar untuk menjemput wisudawan dan langsung meninggalkan kampus.

Ketua panitia wisuda Universitas Victory Sorong tahun 2020, Irwan Soulisa menjelaskan, konsep drive thru itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan di dalam kampus.

“Ini salah satu ide dari bapak Rektor, Roximelsen Suripatty. Dulunya proses wisuda dilakukan digedung, namun karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka beliau mengambil langkah dengan melakukan proses wisuda dengan konsep drive thru guna terhindar dari covid-19,“ kata Irwan.

Irwan mengungkapkan, konsep drive thru ini terinspirasi dari kampus-kampus yang ada di jawa dan Ambon. Yang mana mahasiswa dapat mengikuti proses wisuda, namun tetap menerapkan protokol Kesehatan.

“Kami lihat seperti yang ada di Jawa dan Unpatti. Kendaraan itu masuk ke kampus kemudian yang turun hanya wisudawan, kemudian menghadap Rektor untuk dipindahkan talinya toganya. Selanjutnya wisudawan naik kendaraan lagi dan langsung meninggalkan kampus, jadi tidak ada penumpukan di kampus,” kata Irwan.

Wisudawan saat meninggalkan kampus usai mengikuti proses wisuda secara drive thru. (Foto:Mega/TN)

Irwan menambahkan, Mahasiswa universitas victory Sorong yang mengikuti proses wisuda tahun 2020 sebanyak 220 orang, yang terdiri dari 6 Fakultas dan 10 program studi.

Peoses wisuda drive thru dibagi dalam 3 sesi yakni sesi pertama dimulai pukul 09.00 WIT – 10.00 WIT, sesi kedua pukul 10.00 WIT – 11.00 WIT, dan sesi ketiga pukul 11.00 WIT – 12.00 WIT.

TEROPONGNEWS.COM


BERITA TERKAIT