Dibawa Mobil Truk, 36.920 Vaksin Covid-19 dari Bandung Tiba di Padang, Pemberian Vaksin Menunggu Instruksi Pusat
LANGGAM.ID | 05/01/2021 15:10
Dibawa Mobil Truk, 36.920 Vaksin Covid-19 dari Bandung Tiba di Padang, Pemberian Vaksin Menunggu Instruksi Pusat
36.920 vaksin covid-19 tiba di Sumbar (Foto: Rahmadi/Langgam)

Langgam.id - Sebanyak 36.920 dosis vaksin covid-19 tiba di Kota Padang, pada Selasa 5 januari 2021 pagi. Bila di sejumlah daerah, vaksin dikirim dengan menggunakan pesawat, vaksin covid-19 untuk Sumatera Barat dibawa melalui transportasi darat.

Vaksin covid-19 dibawa dengan menggunakan mobil truk Biofarma yang dikawal oleh aparat Brimob. Berangkat dari Bandung sejak Minggu (3/1/2021) dan sampai di Padang lewat jalan darat pukul (5/1/2021) 09:00 WIB.

Vaksin kemudian disimpan dalam gudang bersuhu 2 derajat di Gedung Dinas Kesehatan Sumbar.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumbar Lila Yanuar yang menyambut kedatangan vaksin mengatakan, 36.920 dosis tersebut dibagi dalam 19 koli atau dus. Vaksin itu disimpan sampai ada instruksi dari pemerintah pusat untuk melakukan vaksinasi.

“Sementara kita hanya simpan dulu sambil menunggu sampai ada instruksi pelaksaan vaksin, masih ada izin dan sebagainya, mungkin beberapa hari lagi,” katanya.

Menurutnya, vaksin akan diberikan sesuai dengan jumlah data yang dikirimkan ke Sumbar. Semua tenaga kesehatan dan tenaga di fasilitas kesehatan di 19 kabupaten kota di Sumbar akan diberikan vaksin tersebut.

“Kalau data yang ada di kita ada sekitar 40 ribuan nakes kita, namun tenaga sukarela kan juga masuk, maka kita masih menunggu datanya,” katanya.

Vaksinasi dilakukan dua kali tahap penyuntikan. Jumlah ini menurutnya cukup untuk nakes di Sumbar sampai bulan April. Nanti bisa ada penambahan untuk tahap berikutnya, seperti untuk TNI, Polri dan lainnya.

Vaksin tersebut dibagikan ke seluruh kabupaten kota setelah ada instruksi dari pemerintah pusat. Pemberian vaksin dilakukan di puskesmas dan posko posko yang telah disediakan.

Dinkes Sumbar juga telah melatih 520 orang yang akan menjadi vaksinator. “Kita telah melatih yang akan memvaksin dari Batam, rata-rata mereka bisa memberi vaksin 40 sehari, cara vaksinnya disuntikkan ke otot,” ujarnya.(Rahmadi/Ela)

LANGGAM.ID


BERITA TERKAIT