Hajar 6 Mobil dan Juru Parkir, Polisi Berpangkat AKP Pengemudi Pajero Sport Masih Terperiksa, Sanksi Internal Diserahkan ke Korlantas
LANGGAM.ID | 11/08/2020 09:10
Hajar 6 Mobil dan Juru Parkir, Polisi Berpangkat AKP Pengemudi Pajero Sport Masih Terperiksa, Sanksi Internal Diserahkan ke Korlantas

Langgam.id Anggota polisi pengemudi mobil Pajero Sport yang terlibat kecelakaan di Jalan M Yamin atau di depan kantor balai kota lama, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) masih berstatus terperiksa. Kasus kecelakaan perwira berpangkat AKP insial RN ini sedang ditangani Polresta Padang.

 

“Kan kecelakaan, bisa dibilang ada kesalahan, untuk sanksi secara internal nantinya akan ditangani Korlantas (Korp Lalu Lintas) Mabes Polri,” ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto kepada langgam.id, Senin (10/8/2020).

 

BACA: Kasat: Anggota Korlantas Pengemudi Mobil Pajero yang Kecelakaan di Padang Negatif Narkoba

Menurut Satake Bayu, berkas kasus dalam kecelakaan tersebut akan dilimpahkan ke Korlantas Polri. Pemberian sanksi secara internal, sepenuhnya merupakan wewenang Korlantas Polri sesuai penempatan tugas yang bersangkutan dalam bertugas.

“Dia kan tugas di sana, pihak Korlantas yang memberikan sanksi. Satkernya di Korlantas, proses di sana, kami yang nanti mengirimkan data yang bersangkutan,” katanya.

Hasil pemeriksaan sementara, faktor AKP RN mengalami kecelakaan karena kelelahan. Hasil tes kesehatan menunjukkan AKP RN negatif narkoba atau tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang saat sedang berkendara.

“Kalau penyampaiannya karena faktor kesehatan, kan kejadian pukul 18.00 WIB. Mungkin blank, tapi nanti akan dilakukan pemeriksaan lebih dalam. Sementara karena kesehatan,” jelasnya.

BACA: Anggota Polri Terlibat Kecelakaan Beruntun, Polresta Padang: Pasti Ada Kelalaian

Sebelumnya, Kasat Lantas Polresta Padang, AKP Syukur Hendri Saputra mengakui, dalam kecelakaan tersebut adanya unsur kelalaian. Namun ia tak merinci kelalaian yang dimaksud dilakukan oknum polisi itu saat mengemudi kendaraannya.

“Sudah olah TKP. Kelalaian dalam kecelakaan ini pasti ada ya,” ujar Hendri.

Dugaan sementara, kata dia, pengemudi Pajero Sport mengalami kelelahan saat berkendara. Akan tetapi, saat ditanya kecepatan kendaraan ia menyebutkan belum dilakukan pemeriksaan secara detail terkait hal tersebut.

Seperti diketahui, kecelakaan itu terjadi pada Sabtu (8/8/2020) sekitar pukul 17.49 WIB. Pajero Sport melaju dari persimpangan Jalan Bagindo Aziz Chan lalu masuk ke Jalan M Yamin. Saat itu, laju kendaraan minibus diketahui dalam kondisi cukup kencang.

Sejumlah kendaraan ditabrak pengemudi Pajero Sport, hingga akhirnya berhenti setelah menabrak kendaraan yang terparkir. Adapun mobil yang ditabrak saat parkir di antaranya Honda City BA 1381 RQ, Toyota Avanza BA 1332 QO, Daihatsu Sirga BA 1668 OO dan APV BA 8680 BJ. Keseluruhan kendaraan yang terlibat kecelakaan ringsek.

Selain kendaraan, juru parkir di sekitar lokasi kejadian juga menjadi korban dari kecelakaan maut itu. Saat kejadian, korban langsung dievakuasi mengunakan mobil patroli milik Polresta Padang ke rumah sakit. (Irwanda/ABW)

LANGGAM.ID


BERITA TERKAIT