Bawa Surat Rapid Test Bebas Covid-19, Mahasiswa Asal Medan Positif Covid-19 Saat Tes Swab di Padang
LANGGAM.ID | 06/07/2020 09:10
Bawa Surat Rapid Test Bebas Covid-19, Mahasiswa Asal Medan Positif Covid-19 Saat Tes Swab di Padang
Ilustrasi rapid test. Shutterstock

Langgam.id – Seorang mahasiswa asal Medan, Sumatra Utara dinyatakan positif virus corona atau covid-19 saat sampai di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Ia merupakan salah satu dalam penambahan covid-19 Sumbar hari ini yang berjumlah 3 orang pada Sabtu (4/7/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan, mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa kesehatan yang rencananya akan praktek di salah satu rumah sakit di Kota Padang.

“Dia mau praktek di salah satu rumah sakit di Kota Padang, tentu diperiksa terlebih dahulu. Dari hasil pemeriksaan, dia positif covid-19,” katanya Sabtu (4/7/2020).

Ia mengatakan, saat ini rumah sakit memiliki standar tes swab covid-19 saat menerima tenaga kesehatan baru. Hasil swab dikirim ke Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Dari hasil pengujian, ia dinyatakan positif covid-19.

Mahasiswa tersebut diketahui datang lewat Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Saat ia masuk ke Sumbar ia telah memiliki surat bebas covid-19 hasil rapid tes. Karena itu ia dibolehkan masuk ke Sumbar sesuai peraturan Kementerian Perhubungan.

“Lalu karena ia akan praktek di rumah sakit, dan rumah sakit menerapkan aturan ketat dan diperiksalah dia. Lalu ketahuan positif covid-19,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan kejadian itu menurutnya perlu diwaspadai penularan dari luar daerah. Saat ini pengawasan diterapkan sesuai protokol kesehatan yang telah ada aturannya baik di bandara maupun di darat. (Rahmadi/SS)

LANGGAM.ID


BERITA TERKAIT