Mobil Toyota Fortuner Milik Pribadi Anggota DPR Mulyadi Berpelat Nomor Polri, Kok Bisa?
LANGGAM.ID | 20/01/2020 14:27
Mobil Toyota Fortuner Milik Pribadi Anggota DPR Mulyadi Berpelat Nomor Polri, Kok Bisa?

Langgam.id – Beredar foto salah satu mobil Toyota Fortuner berwarna hitam berpelat nomor Polri. Mobil tersebut ditumpangi anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Partai Demokrat, Mulyadi.

Usut punya usut, Toyota Fortuner warna hitam itu ternyata mobil pribadi Mulyadi. Dalam foto yang beredar, tampak Mulyadi turun dari mobil dan kemudian menyalami seseorang.

“Kami lagi check. Kejadian (di foto) itu belum tahu, saya tanya teman-teman itu sudah lama, setahun yang lalu. Tapi ada yang bilang, ada foto (baliho) dia nyalon, berarti baru,” ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Minggu (19/1/2020) malam.

Satake Bayu mengungkapkan, pihaknya juga akan mencari informasi kapan dan lokasi foto diambil. Ia tak menampik, bahwa Toyota Fortuner tersebut merupakan mobil pribadi bukan aset Polri. “Kami lagi ngecek. Nah informasi mobil pribadi, ada pelat nomor polisi. Mungkin bisa tanya langsung ke bersangkutan (Mulyadi),” katanya.

Menurutnya, dari seri pelat nomor bukan merupakan milik Polda Sumbar. “Kalau dari seri mana, tapi yang jelas bukan dari Sumbar (Polda),” ujarnya, menegaskan.

Dari hasil penelusuran sementara pihak kepolisian, diketahui saat kegiatan di dalam foto tersebut, pelat nomor Polri yang digunakan Mulyadi langsung diminta untuk dilepas. Pencopotan pelat nomor dilakukan oleh sang sopir. “Memang informasi bilang itu sudah diganti, sudah tidak pakai plat polisi itu lagi. Ada yang bilang pas kegiatan ada anggota mau ngecek ternyata diganti oleh sopirnya,” katanya.

“Iya, informasi ada ke sana (Lima Puluh Kota). Kami tidak tahu kegiatan apa,” sambung Satake Bayu.

Ia mengungkapkan, sesuai aturan pelat nomor Polri biasanya digunakan kendaraan VIP. Sementara untuk seorang anggota DPR tidak memiliki seri pelat nomor Polri seperti di foto yang beredar. “Anggota DPR mungkin engga ada nomor seri pelat polisi seperti itu. Makanya kami cari informasi dulu. Diduga palsu itu belum tahu, kami melakukan penyelidikan,” tuturnya.

Sementara itu langgam.id telah mencoba menghubungi Mulyadi terkait fotonya yang beredar berikut dengan pelat nomor Polri di mobilnya. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada respon. (Irwanda/ICA)


BERITA TERKAIT