KM Sabuk Nusantara 73 Layani Logistik di Maluku dan NTT
DARILAUT.ID | 28/12/2021 13:12
KM Sabuk Nusantara 73 Layani Logistik di Maluku dan NTT
Alat berat bersiap mendorong KM Sabuk Nusantara 39 kembali ke laut di Pelabuhan Wani, Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa, 5 Februari 2019. Kapal Tol Laut milik PT. Pelni ini kembali ke laut setelah terdampar ke darat karena dihempas gelombang tsunami pascagempa Donggala tahun lalu. ANTARA/Basri Marzuki

Darilaut – Untuk melancarkan transportasi laut di wilayah Indonesia Timur, Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan Kapal KM Sabuk Nusantara 73.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan kapal tersebut dari Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Saumlaki, Provinsi Maluku, Sabtu (25/12).

KM Sabuk Nusantara 73 nantinya akan langsung melayani mobilitas masyarakat dan distribusi logistik di sekitar Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kapal ini adalah kapal perintis yang menjadi bagian dari tol laut, yang akan memastikan konektivitas berjalan dengan baik,” kata Menhub.

Menhub mengatakan, meski di masa pandemi, Kemenhub terus melanjutkan pembangunan sarana dan prasarana transportasi guna melaksanakan visi misi Presiden RI Joko Widodo untuk memperlancar konektivitas, yang akan mempersatukan Indonesia.

Di masa Natal dan Tahun Baru kapal ini akan melayani mobilitas di NTT dan Maluku. Banyak penumpang yang akan pulang menggunakan kapal tersebut.

Selain itu, di masa libur Natal dan Tahun Baru, pengetatan protokol kesehatan harus dijalankan dengan baik, agar tidak terjadi penularan di atas kapal.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Mugen Sartoto mengatakan KM Sabuk Nusantara 73 dengan tipe GT-2000 berkapasitas 500 orang. Pembangunan kapal ini dikerjakan oleh PT Dock Koja Bahari di Tanjung Priok, Jakarta.

KM Sabuk Nusantara 73 akan dioperasikan oleh operator PT Mandala Sejahtera Abadi.

darilaut.id


BERITA TERKAIT