Samudra Arktik Tengah Dilindungi Dari Penangkapan Ikan Komersial
DARILAUT.ID | 26/06/2021 17:25
Samudra Arktik Tengah Dilindungi Dari Penangkapan Ikan Komersial
Kapsul yang digunakan Jean-Jacques Savin untuk menyeberangi Samudera Atlantik.[Facebook/BOUTESA/Russia Today]

Darilaut – Samudra Arktik Tengah yang berada di laut lepas sekarang mulai dilindungi dari penangkapan ikan komersial yang tidak diatur.

Mengutip siaran pers State.gov, perjanjian untuk mencegah perikanan laut lepas yang tidak diatur di Samudra Arktik Tengah mulai berlaku 25 Juni 2021. Amerika Serikat dengan senang hati menyoroti perjanjian tersebut.

Ini adalah perjanjian multilateral pertama yang mengambil pendekatan kehati-hatian yang mengikat secara hukum untuk melindungi perikanan komersial sebelum penangkapan ikan tersebut dimulai.

Saat ini tidak ada perikanan komersial di laut lepas Arktik, dengan sebagian besar wilayah tertutup es sepanjang tahun. Namun, dengan area bebas es yang terus meningkat di musim panas, penangkapan ikan komersial dapat dilakukan di masa mendatang.

Perjanjian untuk Mencegah Perikanan Laut Lepas yang Tidak Diatur di Samudra Arktik Tengah bertujuan untuk mengelola potensi penangkapan ikan di laut lepas.

Amerika Serikat memimpin negosiasi Perjanjian, yang ditandatangani di Greenland pada 3 Oktober 2018.

Ada sepuluh peserta dalam negosiasi dan Penandatangan Perjanjian: Kanada, Republik Rakyat Cina, Kerajaan Denmark (dalam hal Kepulauan Faroe dan Greenland), Uni Eropa, Islandia, Jepang, Kerajaan Norwegia, Republik Korea, Federasi Rusia, dan Amerika Serikat.

Perjanjian tersebut memiliki dua tujuan utama: untuk pencegahan penangkapan ikan yang tidak diatur di bagian laut lepas Samudra Arktik tengah, dan fasilitasi penelitian serta pemantauan ilmiah bersama. 

darilaut.id


BERITA TERKAIT