Pemko Palangka Raya Bentuk Satgas Tangani Kekerasan Pada Perempuan dan Anak
BORNEONEWS.CO.ID | 16/09/2021 11:15
Pemko Palangka Raya Bentuk Satgas Tangani Kekerasan Pada Perempuan dan Anak
ilustrasi

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya membentuk satuan tugas atau Satgas di tingkat kelurahan untuk mengantisipasi dan menangani tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kota Palangka Raya Sahdin Hasan, Kamis, 16 September 2021.

Dia menyebutkan dari 30 kelurahan yang ada sebagian besar telah menyerahkan struktur organisasi satuan tugas tersebut. Sementara sisanya terus didorong untuk mempercepat penyerahan struktur kepada pemerintah kota.

"Tugas utama dari satgas yakni memberikan edukasi dan pemahaman tentang dampak kekerasan rumah tangga, kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan terhadap anak, termasuk tentang cara mewujudkan keluarga harmonis dan sejahtera," katanya.

Selain itu satgas juga akan secara aktif turun lapangan untuk deteksi dini dan juga siap menerima laporan jika terjadi tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Setelah itu, pihaknya akan melakukan pendampingan psikis dan fisik kepada para korban kekerasan. Bahkan jika korban ternyata warga tidak mampu, pemerintah akan memfasilitasi pengobatan sampai korban sembuh. 

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT