Seruyan Berstatus Siaga Bencana Karhutla Sejak Akhir Mei
BORNEONEWS.CO.ID | 14/06/2021 17:53
Seruyan Berstatus Siaga Bencana Karhutla Sejak Akhir Mei
Api mambakar lahan milik warga di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu, 22 September 2019. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hingga 30 September 2019. ANTARA

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah Kabupaten Seruyan sejak akhir Mei 2021 telah menetapkan status siaga bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Kepala Pelaksana BPBD Seruyan, Agung Sulistyono mengatakan, penetapan status siaga bencana karhutla ini hingga Juli 2021 mendatang menyesuaikan kondisi nantinya.

“Penetapan status siaga karhutla ini karena melihat kondisi cuaca sejak akhir Mei telah memasuki musim kemarau. Makanya perlu dilakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi karhutla,” kata Agung, Senin, 14 Juni 2021.

Dengan adanya penetapan status siaga bencana karhutla, saat ini telah di bentuk posko-posko penanganan karhutla.

“Posko karhutla yang telah dibentuk ini didukung personel TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Damkar, dan kecamatan,” imbuhnya.

Adapun langkah untuk pencegahan dan penanganan karhutla, selain siaga di posko juga dilakukan patroli secara masif di titik rawan karhutla.

Agung menambahkan, Kabupaten Seruyan hampir seluruh wilayah memiliki tingkat kerawanan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Untuk itu, ia berharap seluruh lapisan masyarakat berperan aktif dalam mencegah terjadinya karhutla dengan tidak membakar lahan.

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT