Ini Beda Tahun Baru Imlek Sekarang dan Tahun Lalu
BORNEONEWS.CO.ID | 11/02/2021 16:45
Ini Beda Tahun Baru Imlek Sekarang dan Tahun Lalu

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ada yang sedikit berbeda dalam merayakan tahun baru Imlek tahun 2021 ini.

Lantaran situasi pandemi covid-19 dan segala aktivitas diwajibkan mengikuti aturan protokol kesehatan, maka kemeriahan open house perayaan Imlek tahun ini terpaksa ditiadakan. 

Menurut Wakil Ketua Yayasan Harapan Sejahtera (YHS) Pangkalan Bun Hartono Halim, Kamis, 11 Februari 2021 perayaan Imlek tahun ini lebih dititikberatkan untuk kumpul bersama keluarga inti dan terdekat saja.

"Namun untuk prosesi persembahyangan di Klenteng, tetap berlangsung seperti tahun lalu. Karena untuk melaksanakan sembahyang, biasanya dilakukan secara perorangan bersama keluarga. Jadi tidak bersamaan dengan warga Tionghoa lainnya," jelas Hartono Halim.

Menurut Hartono Halim, persembahyangan di Klenteng itu dilakukan biasanya pada malam tahun baru Imlek setekah makan malam bersama keluarga. 

"Kemudian keesokan harinya pada pagi hari, persembayangan kembali dilakukan. Tujuannya untuk mengucapkan syukur pada Tuhan atas apa yang kami dapatkan pada tahun lalu dan berdoa agar tahun ini bisa lebih baik," kata Hartono Halim.

Menurut Hartono Halim, ia mewakili warga Tionghoa di Kabupaten Kobar berharap pada tahun ini, kehidupan bisa lebih baik dan pandemi segera berlalu. 

"Kami semua berharap di tahun Kerbau Logam ini negara kita semakin maju, rakyatnya sejahtera dan musibah pandemi covid-19 ini bisa segera berlalu. Agar kita bisa kembali beraktivitas normal seperti biasa," jelas Hartono Halim. (WAHYU KRIDA/B-5)


BERITA TERKAIT