Video Temuan Benda Mirip Badan Pesawat yang Diduga Bagian dari Roket Cina yang Meledak
BORNEONEWS.CO.ID | 06/01/2021 10:10
Video Temuan Benda Mirip Badan Pesawat yang Diduga Bagian dari Roket Cina yang Meledak
Tim gabungan bersama warga Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melakukan pengecekan benda atau serpihan yang diduga bangkai pesawat terbang yang ditemukan di perairan Kumai, Selasa, 5 Januari 2021. Kredit: ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Video amatir dari warganet, menunjukkan benda berukuran besar, diduga serpihan badan pesawat Air Asia yang jatuh 6 tahun lalu, ditemukan oleh warga Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Senin, 4 Januari 2021. 

Dalam video berdurasi 41 detik yang banyak dibagikan melalui grup WhatsApp dan sosial media lainnya, menunjukkan serpihan berukuran besar Benda besar dan kuat diduduki beramai - ramai. 

Postingan di sosial media tersebut, ditimpali komentar dari warganet yang mengatakan bahwa yang mengatakan bahwa lokasi diduga puing pesawat tersebut terdampar di Pantai Teluk Ranggau. Sejumlah komentar warganet juga mengatakan, kemungkinan itu merupakan serpihan bangkai pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di perairan Teluk Kumai.

Belakangan, benda yang menyerupai badan pesawat itu diduga merupakan bagian badan roket milik Cina yang meledak di angkasa.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalteng Komisaris Besar Hendra Rochmawan, Rabu, 6 Januari 2021, mengatakan, berdasarkan hasil penelusuran pemberitaan online tanggal 10 April 2020 lalu, diberitakan bahwa roket Cina meledak di angkasa dan diperkirakan jatuh di perairan Laut Jawa yang kemudian terbawa ombak besar dan akhirnya terdampar di Teluk Ranggau, Desa Sei Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Berdasarkan temuan di lapangan, sebagian serpihan benda itu juga ditemukan logo tulisan CNSA (China National Space Administration) atau Badan Antariksa Republik Rakyat Tiongkok. Badan ini bertanggung jawab untuk program ruang angkasa,” jelasnya seperti dikutip dari Tempo.co.

“Namun untuk memastikan serpihan benda yang menyerupai badan pesawat itu, kami masih menunggu kedatangan tim Komisi Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT) yang datang ke Pangkalan Bun, Rabu,” pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berikuti video tersebut: 

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT