Sejumlah Wilayah di Katingan masih Blank Spot Jaringan Internet, Bagaimana Proses Belajar Daring?
BORNEONEWS.CO.ID | 18/11/2020 16:29
Sejumlah Wilayah di Katingan masih Blank Spot Jaringan Internet, Bagaimana Proses Belajar Daring?
Internet. Kredit: Financial Tribune
BORNEONEWS,  Kasongan - Sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan hingga saat ini diinformasikan masih blank sport atau tidak tercover sinyal komunikasi baik untuk jaringan telepon maupun Internet. 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan statistik atau Kominfo Kabupaten Katingan M Hasrun melalui Kabid Teknologi Informatika,  M Zaidan Noor menuturkan hal ini, Rabu,  18 November 2020.

Bahkan,  kata dia ada dua wilayah kecamatan dari 13 kecamatan yang ada di Katingan yang hingga saat ini sebagian wilayahnya masih blank sport. 

Dua kecamatan itu,  yakni Petak Malai dan Bukit Raya.  Namun,  katanya untuk di wilayah ibukota kecamatan dua wilayah kecamatan, saat ini sudah dipasang penguat sinyal.

"Akan tetapi untuk desa-desa yang jaraknya lebih dari 15 kilometer dari ibukota kecamatan di dua wilayah kecamatan ini blank sport atau tidak terkover sinyal komunikasi baik untuk jaringan telepon seluler maupun akses Internet," kata Kabid Teknologi Informatika Dinas Kominfo Katingan,  M Zaidan Noor. 

Menurutnya,  ada beberapa desa di dua wilayah kecamatan ini yang blank sport. Selain dipengaruhi oleh jarak,  juga karena medan di wilayah ini yang berbukit,  sehingga tidak heran jika ada warga masyarakat yang harus naik bukit untuk bisa mengakses sinyal telepon atau internet itu. 

Sedangkan 11 wilayah kecamatan lainnya,  kata dia sejauh ini relatif dapat mengangses jaringan telepon maupun Internet itu.  

Akan tetapi ada desa-desa tertentu yang dapat mengangses jaringan telepon maupun internet itu dengan baik atau kuat. 

Dia menggambarkan misalnya untuk wilayah Kecamatan Katingan Hilir,  sejauh ini disebutkan bahwa ada dua desa yang jaringan telepon maupun Internet di wilayah itu dinilai lemah sinyal. 

Sementara desa maupun kelurahan lain di wilayah ini dapat mengangses dengan sinyal kuat. Namun tidak ada wilayah yang dinilai blank sport di Katingan Hilir ini.  

"Rata-rata desa di 11 wilayah kecamatan selain Petak Malai dan Bukit Raya,  akses jaringan telepon maupun internet sinyal kuat maupun lemah, " kata M Zaidan Noor. (ABDUL GOFUR/B-5)

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT