Satu Penumpang Nam Air Jakarta-Sampit 22 Maret Positif Corona, Penumpang Lain Jadi ODP
BORNEONEWS.CO.ID | 09/04/2020 11:10
Satu Penumpang Nam Air Jakarta-Sampit 22 Maret Positif Corona, Penumpang Lain Jadi ODP

BORNEONEWS, Sampit - Penumpang pesawat Nam Air dari Jakarta pada tanggal 22 Maret 2020 diminta lapor kepada tim gugus tugas. Hal karena di dalam pesawat tersebut ada warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang hari ini dinyatakan positif Covid-19.

"Saya minta yang pulang dari Jakarta menggunakan pesawat Nam Air, pada tanggal tersebut, harap melapor," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Minggu, 05 April 2020.

Akibatnya, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini melonjak menjadi 95 orang. Penambahan tersebut rata-rata warga daerah ini yang pulang dari Jakarta menggunakan pesawat Nam Air pada 22 Maret 2020 lalu.

"Jumlah ODP meningkat menjadi 95 orang, rata-rata ODP merupakan penumpang Nam Air dari Jakarta pada 22 Maret 2020," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Rabu, 08 April 2020. 

Penumpang pesawat tersebut dinyatakan ODP karena salah satu diantara mereka positif Covid-19. Warga Kotim yang positif tersebut, datang dari Jakarta dan Tanggerang untuk keperluan berobat. 

"Hal itulah yang menyebabkan jumlah ODP di Kotim meningkat," kata Supian. 

Dia menuturkan, sudah ada tiga orang yang positif Covid-19. Untuk itu, ia meminta pihak maskapai terkait dengan data penumpang yang berangkat dari Jakarta menggunakan pesawat tersebut.

"Saya harap mereka melapor dan memeriksakan kesehatan mereka, karena dikhawatirkan terjangkit," kata Supian.

Pihaknya juga saat ini terus melakukan tracking perjalanan dari para pasien positif. Kemudian, pihak keluarga mereka juga sudah disarankan pemeriksaan diri dan isolasi mandiri di rumah.

Ia meminta kepada siapapun warga Kotim agar melaporkan diri jika datang dari luar daerah, terutama dari wilayah zona merah atau terpapar Covid-19. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT