Buaya Sinyulong Panjang 5 Meter dan Lebar 1 Meter Ditangkap, Warga: Masih Ada yang Lebih Besar Lagi
BORNEONEWS.CO.ID | 14/02/2020 08:30
Buaya Sinyulong Panjang 5 Meter dan Lebar 1 Meter Ditangkap, Warga: Masih Ada yang Lebih Besar Lagi
Buaya berukuran besar ditangkap warga Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kamis, 13 Februari 2020 siang.

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Buaya raksasa jenis sinyulong atau sapit ditemukan warga Desa Arga Mukya Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kamis, 13 Februari 2020.

Puluhan warga di Sungai Pakit, Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng beramai-beramai menangkap dan mengevakuasi, buaya berukuran lima meter, Kamis, 13 Februari 2020, sekitar pukul 10.00 WIB.

BACA: Ini Jenis Buaya 5 Meter yang Ditangkap Warga Desa Arga Mulya

Kapolsek Pangkalan Banteng, Iptu Bimasa Zebua, menjelaskan buaya dengan panjang tubuh sekitar 5 meter dan lebar 1 meter tersebut awalnya ditemukan warga yang baru pulang menyadap karet.

Dahimi, warga Desa Arga Mulya yang membawa truk pengangkut buaya ke kantor SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng menuturkan bahwa beberapa hari sebelumnya sempat terlihat seekor buaya ukuran lebih besar lagi di Sungai Serkel yang menjadi lokasi penangkapan buaya sepanjang 5 meter tersebut.

"Pagi tadi juga sempat terlihat 2 ekor buaya, namun seekor lainya tidak terlihat lagi. Hanya buaya yang ditangkap ini yang masih tetap diketahui berkeliaran ditempat itu," jelasnya.

Dahimi, warga Desa Arga Mulya yang membawa truk pengangkut buaya ke kantor SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng menuturkan menuturkan keberadaan buaya tersebut diketahui oleh seorang warga yang baru pulang menyadap karet.

"Ia kemudian menceritakan bahwa ada buaya di Sungai Serkel. Setelah kabar itu menyebar, warga kemudian mencoba melakukan penangkapan menggunakan tali. Sekitar pukul 10.00 WIB buaya ini sudah berhasil diamankan warga," jelasnya.

Petugas SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng Nasibah mengatakan informasi penangkapan buaya ini didapatkan sekitar pukul 12.00 WIB.

BACA: Wow! Warga Desa Arga Mulya Tangkap Buaya Ukuran Besar

"Menindaklanjuti laporan tersebut, kami segera berangkat menuju Desa Arga Mulya. Selang 2 jam kami tiba di desa dan melakukan prosesi serah terima buaya dari perangkat desa disaksikan anggota Polsek Pangkalan Banteng. Dibantu warga setempat dengan menggunakan dumptruk, buaya tersebut tiba di Kantor SKW II Pangkalan Bun sekitar pukul 18.00 WIB," pungkasnya. B-(WAHYU KRIDA/B-6)

BORNEONEWS.CO.ID


BERITA TERKAIT