Razia Polisi Temukan Dua Macan dan Cenderawasih Diawetkan
BALIPOST.COM | 11/02/2019 08:20
Razia Polisi Temukan Dua Macan dan Cenderawasih Diawetkan

BANYUWANGI, BALIPOST.com – Razia yang digelar Polres Banyuwangi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Minggu (10/2) dini hari mendapatkan hasil istimewa. Polisi menemukan dua ekor harimau yang sudah diawetkan.

Binatang dilindungi itu diangkut mobil bok. Ditemukan, saat akan menyeberang ke Bali. Selain dua ekor harimau, ditemukan juga seekor burung Cenderawasih yang juga diawetkan.

BACA JUGA: Belum Penuhi SOP, Sejumlah Usaha Rafting di Tukad Ayung Disoroti

Dua harimau yang ditemukan jenis macan tutul (Panthera pardus) dan macan kumbang (Panthera Pardus Melas). Kedua binatang itu terbungkus kardus.

Diangkut mobil bok putih bernopol W 8506 NG, dikemudikan Solikin (52), warga Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Temuan binatang langka ini berawal dari pemeriksaan seluruh kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan.

Sekitar pukul 01.30 WIB, petugas melihat mobil bok putih masuk ke pintu loket. Polisi langsung melakukan pemeriksaan.

Betapa terkejutnya, saat bok dibuka, di dalamnya terdapat tumpukan kardus. Ketika dibuka, isinya harimau utuh yang sudah diawetkan.

BACA JUGA: Tergerus, Jembatan Penghubung Subagan-Asak Jebol

Polisi langsung memeriksa benda tersebut. Termasuk, mendatangkan petugas dari BKSDA Banyuwangi.

Setelah diperiksa, satwa dilindungi itu ternyata milik I Gusti Ngurah Wijaya (57), asal Sidoarjo, Jawa Timur. Pria ini mengaku sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Ia mengklaim sudah memiliki surat-surat lengkap terkait kepemilikan tiga satwa langka tersebut. Meski begitu, polisi tetap melanjutkan pemeriksaan.

Selengkapnya baca BALIPOST.COM


BERITA TERKAIT