Bojonegoro FC Siap Bertarung di Piala Soeratin Jawa Timur 2019
JURNABA.CO | 14/08/2019 15:08

Kompetisi level muda Piala Soeratin kembali digelar oleh Asprov PSSI Jawa Timur. Satu di antara peserta kompetisi tersebut adalah Bojonegoro FC. Ini adalah tahun ketiga keikutsertaan Bojonegoro FC dalam kompetisi tahunan ini.

Piala Soeratin Jawa Timur 2019 menurut rencana mulai digelar pada 11 September 2019. Sebanyak 36 klub mengikuti kompetisi untuk para pemain yang berusia di bawah 17 tahun ini.

Piala Soeratin merupakan kompetisi level usia muda yang digelar oleh PSSI. Kompetisi ini dimulai dari level regional atau provinsi. Sejumlah klub Liga 1, 2 dan 3 yang memiliki tim usia muda bisa mengirimkan perwakilannya di Piala Soeratin ini.

Piala Soeratin Jawa Timur ini akan digunakan untuk kualifikasi. Tim-tim terbaik dari kompetisi regional Jawa Timur nantinya berhak berlaga di level nasional. Musim lalu, wakil Jawa Timur, Persebaya Surabaya berhasil menjadi yang terbaik di Piala Soeratin nasional.

Sekretaris PSSI Jawa Timur, Amir Burhanuddin berharap agar wakil dari Jawa Timur bisa tampil sebagai yang terbaik lagi di Piala Soeratin nasional. Sehingga, status Jawa Timur sebagai barometer sepakbola Indonesia tetap terjaga marwahnya.

“Saya berharap Piala Soeratin tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan mudah-mudahan tahun ini bisa juara nasional. Seperti tahun 2018 berhasil menjuarai U-17 yaitu Persebaya Surabaya,” ujar Amir dalam technical meeting Piala Soeratin Jawa Timur 2019 di Surabaya, Senin (12/8/2019).

Pada musim 2018 lalu, Persebaya U-17 tampil sebagai yang terbaik di Piala Soeratin Jawa Timur. Di partai final, Persebaya bakal membekuk Asifa Malang. Persebaya kemudian melenggang ke putaran nasional hingga sukses jadi juara Piala Soeratin nasional 2018.

Bojonegoro FC Wakili Kota Ledre

Total ada 36 klub yang ikut serta dalam kompetisi ini. 36 klub tersebut nantinya terbagi ke dalam 9 grup. Masing-masing grup berisikan empat tim yang akan saling bertanding dengan skema home tournament.

Kabupaten Bojonegoro diwakili oleh klub binaan Askab yakni Bojonegoro FC. Ini adalah tahun ketiga dari keiikutsertaan Bojonegoro FC di Piala Soeratin 2019. Dalam waktu dekat, Bojonegoro FC akan melakukan pembentukan tim.

Keberadaan Bojonegoro FC dalam Piala Soeratin Jawa Timur punya dampak besar terhadap persepakbolaan Bumi Angling Dharma. Bakat-bakat muda asli Bojonegoro bisa terasah di Bojonegoro FC. Pembinaan berjenjang di Bojonegoro pun bisa terus berlanjut.

Oleh sebab itu, eksistensi Bojonegoro FC memang penting. Tanpa Bojonegoro FC, pembinaan sepakbola usia muda di Kota Ledre bisa berhenti.

Di Piala Soeratin Jawa Timur 2019, Bojonegoro FC berada di grup J. Laskar Rajekwesi Junior tersebut akan bersaing dengan 3 tim lain yakni Gen-B Mojokerto, Persedikab Kabupaten Kediri dan juga PSBK Kota Blitar.

Bojonegoro FC memang belum pernah menjuarai Piala Soeratin Jawa Timur. Namun bukan berarti Bojonegoro FC tak bisa berprestasi. Bukan gelar juara yang utama. Namun keberhasilan bisa diukur dengan banyak tidaknya pemain berkualitas asli Bojonegoro yang berhasil dilahirkan.