Bandara Ngloram Akan Diperluas, Pemerintah Gelontorkan Dana Rp 25 Miliar
SUARABANYUURIP.COM | 16/02/2022 17:39
Bandara Ngloram Akan Diperluas, Pemerintah Gelontorkan Dana Rp 25 Miliar
Warga berfoto di landasan pacu Bandara Ngloram, Cepu, Blora, Jawa Tengah, Sabtu, 11 Januari 2020. Setelah mangkrak selama 34 tahun, pembangunan bandara ini pun dilanjutkan pada 2018. ANTARA/Yusuf Nugroho

SuaraBanyuurip.com, Blora - Bandar Udara (Bandara) Ngloram di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada tahun 2022 ini digelontor dana Rp 25 miliar. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

Kepala Satuan Pelaksana Bandara Ngloram Abd Rozaq, menyampaikan anggaran tersebut akan digunakan untuk membebaskan 3,6 hektare (ha) lahan. Lahan itu untuk memperluas kawasan bandara Ngloram yang kini sekira 28 ha.

"Alhamdulillah dalam sosialisasi ini semua warga terdampak menyatakan setuju," ujarnya, Rabu (16/2/2022).

Pihaknya menargetkan, jika semua diberi kelancaran, termasuk dalam pengukuran lahan, pada April mendatang bisa dilakukan pembayaran pembebasan lahan.

"Kami minta warga bisa menyiapkan dokumen pendukung untuk proses ini," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa lahan yang akan dibebaskan tersebut bakal digunakan pemenuhan fasilitas keselamatan dan kemanan penerbangan.

"Karena, saat ini jarak dari pagar pengaman bandara eksisting ke tepi apron (tempat parkir pesawat) hanya sekitar 9 meter," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ngloram Diro Beni Susanto menjelaskan, ada 20 warga terdampak yang mengikuti sosialisasi rencana pembebasan lahan.

"Hak milik lahan, sebagian besar milik warga Desa Ngloram. Sebagian kecil hak milik warga desa tetangga," kata dia.

suarabanyuurip.com


BERITA TERKAIT