Siswa-Siswi Antusias Ikuti Pesantren Kilat Kampung Ilmu
SUARABANYUURIP.COM | 16/04/2021 14:50
Siswa-Siswi Antusias Ikuti Pesantren Kilat Kampung Ilmu
Siswa-Siswi Antusias Ikuti Pesantren Kilat Kampung Ilmu

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Siswa-siswi Gugusan Bintang Kampung Ilmu Purwosari dan Kalitidu antusias mengikuti kegiatan Pesantren Kilat Ramadan 1442 Hijriyah yang digelar pada Rabu dan Kamis (14-15 April 2021) di Rumah Belajar Kampung Ilmu Purwosari dan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Siswa yang mengikuti Pesantren Kilat ini terdiri dari siswa-siswi jenjang SD dan SMP yang selama ini belajar di Gugusan Bintang Kampung Ilmu Purwosari dan Kalitidu.   

Pesantren Kilat Ramadan dimulai pukul 13.00 Wib, dengan diawali pembukaan. Ketua Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB), Muhammad Roqib dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Pesantren Kilat Ramadan ini bertujuan untuk mengajak siswa meningkatkan ibadah, keimanan, dan ketakwaan di bulan penuh berkah ini. Selain itu, Pesantren Ramadan juga mengajak siswa bisa mengambil hikmah bulan puasa dan memperbanyak amalan ibadah. 

“Pesantren Kilat baru pertama kali ini digelar di Gugusan Bintang Kampung Ilmu. Ini akan menjadi tradisi tahunan yang akan digelar setiap bulan puasa Ramadan,” ujarnya. 

Ketua Panitia Pesantren Kilat Ramadan Gugusan Bintang Kampung Ilmu Purwosari, Eti Nurjanah, menjelaskan, selama Pesantren Kilat ini para siswa diajak mengikuti berbagai kegiatan yang menarik dan menyenangkan, serta bernilai ibadah. 

“Siswa mengikuti berbagai kegiatan sejak siang sampai malam,” ujarnya. 

Kegiatan Pesantren Kilat Ramadan di Purwosari dan Kalitidu diawali dengan pemutaran film kisah hidup Nabi Muhammad SAW. Para siswa tampak sangat menikmati pemutaran film yang mengisahkan perjalanan hidup Sang Nabi Muhammad SAW sejak dari kecil hingga menyebarkan agama Islam saat dewasa. Banyak pelajaran dan teladan yang bisa dipetik dari kisah hidup Nabi Muhammad SAW tersebut. 

Setelah menyaksikan pemutaran film, Ustadzah Annisa Qothrunnada, berbagi cerita tentang kisah hidup Nabi Muhammad SAW tersebut di hadapan para peserta Pesantren Kilat. Mereka juga diajak membaca sholawat bersama-sama. 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan permainan edukasi yang dibagi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok kemudian diajak bermain dengan tema bacaan juzz amma. Kelompok yang berhasil menang dalam permainan edukasi tersebut juga mendapatkan hadiah menarik yang diberikan di akhir kegiatan. 

Setelah acara permainan, siswa menjalankan sholat Ashar berjamaah. Para siswa tampak khusyuk menjalankan sholat ashar berjamaah tersebut. 

Selepas sholat ashar, siswa mengikuti kegiatan praktik sholat sunnah dan dilanjutkan dengan tadarus Al Quran. Menjelang maghrib, siswa istirahat sebentar sambil menunggu saat berbuka puasa. Setelah terdengar azan maghrib, siswa berbuka puasa dengan minum es buah bersama-sama. Setelah itu, mereka mengambil wudhu dan dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah. Setelah sholat maghrib, mereka lalu berbuka puasa bersama. 

Usai buka puasa, siswa santai sejenak. Mereka kemudian mengambil wudhu dan dilanjutkan dengan sholat isya dan sholat tarawih berjamaah. Rangkaian kegiatan Pesantren Kilat Ramadan ini berakhir sekitar pukul 19.30 WIB. 

Salah satu siswi peserta Pesantren Kilat Gugusan Bintang Kampung Ilmu Purwosari, Nabila, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan Pesantren Kilat sejak awal hingga terakhir. 

“Senang sekali. Saya belajar banyak dari kegiatan pesantren kilat ini,” ujar siswi kelas 1 ini.

Sementara itu, Naura, siswi Gugusan Bintang Kampung Ilmu Kalitidu, juga mengaku sangat senang bisa mengikuti pesantren kilat ini. 

“Senang, bisa menyaksikan pemutaran film, tadarus, bermain, sholat jamaah, dan lainnya,” ujarnya. 

Selama pelaksanaan kegiatan Pesantren Kilat Ramadan ini diterapkan protokol kesehatan yang ketat. Siswa diminta mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak. (jk)