IDFoS Indonesia: Sinergitas untuk Merawat Kelestarian Hutan Sangat Diperlukan
SUARABANYUURIP.COM | 24/02/2021 22:17
IDFoS Indonesia: Sinergitas untuk Merawat Kelestarian Hutan Sangat Diperlukan
IDFoS Indonesia: Sinergitas untuk Merawat Kelestarian Hutan Sangat Diperlukan

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Institute Development Of Society (IDFoS) Indonesia menggelar diskusi reboan di Aula Rusunawa, Rabu (24/2/2021). Diskusi itu, mengambil tema Antara Kesejahteraan Masyarakat dan Kelestarian Hutan. Diskusi digelar secara virtual.

Direktur IDFoS Indonesia Joko Hadi Purnomo mengatakan, diskusi ini bertujuan mengetahui ekonomi masyarakat sekitar hutan. Selain itu juga berupaya untuk mendukung kelestarian dan kesejahteraan masyarakat terutama di sekitar hutan.

"Yakni, sinergi tiga elemen seperti pemerintah, masyarakat dan swasta sangat penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar hutan," ungkapnya, Rabu (24/2/2021).

Dia mengatakan, masyarakat sekitar hutan rentan dengan kemiskinan apalagi ketika terjadi bencana. Joko mencontohkan, kejadian bencana banjir di Kecamatan Sekar sangat berdampak bagi ekonomi masyarakat.

"Bencan banjir beberapa waktu lalu sangat berdampak. Karena itu, baik dari pemerintah, lembaga masyarakat desa hutan, dan swasta sinergitasnya penting," ungkapnya.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nasional Nur Hidayati menjelaskan, saat ini terjadi ketimpangan yang sangat besar. Yakni, mengenai kepemilikan tanah di sekitar hutan. Baik dengan negara, perusahaan hingga masyarakat.

"Karena itu, sinergitas ketiga elemen tersebut sangat diperlukan," ungkapnya dalam zoom.(jk)