PDP Corona di Bojonegoro Bertambah 1 Orang
SUARABANYUURIP.COM | 08/04/2020 22:28
PDP Corona di Bojonegoro Bertambah 1 Orang
PDP Corona di Bojonegoro Bertambah 1 Orang

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bertambah satu orang. Seorang warga di Kecamatan Gondang, telah dinyatakan sebagai PDP oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), Rabu (8/4/2020).

Sekarang ini warga berstatus PDP tersebut sedang menjalani perawatan khusus di ruang isolasi Rumah Sakit Sosodoro Djatikoesoemo.

Informasi yang diperoleh suarabanyuurip.com, warga berstatus PDP tersebut sebelumnya bekerja di Surabaya yang merupakan zona merah corona.

"Iya benar hari ini ada PDP baru di wilayah Kecamatan Gondang," ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin.

Sebelumnya, warga di Kecamatan Balen juga dinyatakan PDP dan meninggal dunia di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo pada Sabtu (28/4/2020). Namun hingga hari ini belum diumumkan hasil tes swab.

Menurut Masirin, penambahan PDP ini menjadi perhatian bersama setelah hampir 2 minggu tidak ada PDP di Bojonegoro.

"Untuk itu kami harapkan masyarakat lebih waspada, menjaga diri, keluarga dan lingkungan masing-masing," pesannya.

Dari grafik komulatif pemantauan, lanjut dia, jumlah  komulatif ODP hingga hari ini sebanyak 107 orang yang tersebar di 18 kecamatan. 52 orang masih dalam pemantauan tim gugus tugas selama 14 hari, dan 55 orang telah selesai dalam pemantauan dinyatakan sehat 

"Sedangkan penambahan jumlah ODP baru sebanyak 2 orang di Kecamatan Kalitidu dan Malo," ujarnya. 

Masirin mengimbau agar masyarakat bersama-sama disiplin dalam menjaga jarak (social dan phisical distancing), cuci tangan dan melaporkan kepada aparat desa atau petugas kesehatan setempat jika merasakan gejala demam, batuk/pilek, sakit kepala dan sakit tenggorokan. 

"Jangan lupa selalu gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," ucapnya.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 di Bojonegoro, jumlah ODP terbanyak di Kecamatan Dander ada 10 orang, disusul Kedungadem 7 orang, dan Bojonegoro, Padangan, Malo, Temayang, serta Baurno masing-masing 4 orang.(suko)