Pandemi Corona, Bupati Bojonegoro Akan Lantik 24 Kades Terpilih Melalui Vicon
SUARABANYUURIP.COM | 31/03/2020 18:40
Pandemi Corona, Bupati Bojonegoro Akan Lantik 24 Kades Terpilih Melalui Vicon
Pandemi Corona, Bupati Bojonegoro Akan Lantik 24 Kades Terpilih Melalui Vicon

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III Tahun 2020 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memasuki tahap pelantikan, Rabu (1/4/2020) besok. Namun sehubungan adanya pandemi virus Corona, prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Calon Kepala Desa Terpilih dilaksanakan secara jarak jauh melalui video conference atau Vicon.

Pelantikan dan pengambilan sumpah melalui vicon akan berlangsung di Comand Center Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Kabupaten Bojonegoro Jalan AKBP. M Soeroko, yang diikuti 24 desa di 15 Kecamatan. 

"Bupati Bojonegoro akan melantik dan mengambil sumpah bertempat di ruang Comand Center Gedung PIP, sedangkan yang lainnya berada di 15 kecamatan masing-masing dan nanti akan kami siarkan secara live streaming," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur, Selasa (31/3/2020).

Bupati Anna menyampaikan bahwa dalam situasi seperti ini Pemkab Bojonegoro harus tetap melaksanakan tugas mandatory yakni melaksanakan pelantikan Calon Kades Terpilih hasil Pilkades Serentak Gelombang III yang lalu. Tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Virus Corona. 

"Harapan kami setelah pelantikan besok para Kepala Desa yang sudah dilantik tidak menggelar acara yang bisa mengumpulkan banyak orang, justru mereka harus mulai focus untuk konsolidasi internal serta melakukan langkah-langkah dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona," pesan Bupati Anna.

Sementara itu, berbagai persiapan telah dilaksanakan pihak kecamatan untuk menyiapkan pelantikan kepala desa terpilih Rabu besok. Seperti yang dilaksanakan Kecamatan Kalitidu dengan melaksanakan uji coba vicon. 

"Alhamdulillah tadi uji cobanya berjalan lancar," ujar Camat Kalitidu, Imam WS dikonfirmasi terpisah. 

Dijelaskan, jumlah orang yang mengikuti prosesi pelantikan besok dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

"Sesuai undangan acara pelantikan itu dihadiri Forkopimca, kades terpilih, rohaniawan, dan Ketua BPD," ungkap Imam.

Ditambahkan, pihaknya juga akan menurunkan Satpol PP dan minta bantuan Polsek Kalitidu untuk mencegah kerumunan pada saat prosesi pelantikan.

"Di sini ada dua kades terpilih yakni Sukoharjo dan Wotanngare. Besok mereka akan di Lantik sekaligus," pungkasnya.(suko)

Berikut 24 Desa yang Calon Kades Terpilihnya Akan Dilantik Besok :

 1. Kecamatan Bojonegoro : Desa Kalirejo

2. Kecamatan Kalitidu : Desa Sukoharjo dan Wotanngare 

3. Kecamatan Baureno : Desa Sraturejo, Gunungsari dan Ngemplak

4. Kecamatan Purwosari : Desa Ngrejeng, Pojok dan Kuniran

5. Kecamatan Sukosewu : Desa Kalicilik

6. Kecamatan Sumberrejo : Desa Margoagung dan Deru

7. Kecamatan Ngambon : Desa Bondol

8. Kecamatan Kanor : Desa Tambahrejo

9. Kecamatan Kepohbaru : Desa Brangkal

10. Kecamatan Trucuk : Desa Padang

11. Kecamatan Dander : Desa Karangsono

12. Kecamatan Temayang : Desa Ngujung, Pancur dan Soko

13. Kecamatan Gayam : Desa Beged dan Ngraho

14. Kecamatan Bubulan : Desa Ngorogunung

15. Kecamatan Ngraho : Desa Bancer



BERITA TERKAIT