Mantan Direksi Pertamina Bersedia jadi Saksi Ahli DBH Migas Blok Cepu
SUARABANYUURIP.COM | 21/07/2019 22:14
Mantan Direksi Pertamina Bersedia jadi Saksi Ahli DBH Migas Blok Cepu
Mantan Direksi Pertamina Bersedia jadi Saksi Ahli DBH Migas Blok Cepu

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Mantan Plt Direktur Utama (Dirut) Pertamina (Persero), Muhammad Husein, mendukung langkah Kabupaten Blora Jawa Tengah, melalui Koalisi Masyarakat Sipil Blora (KMSB) untuk melakukan Jucial Review atas Undang-Undang nomor 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan daerah dan pusat, yang didalamnya juga mengatur Dana Bagi Hasil (DBH) Migas. 

Menurut dia, ada kepentingan nasional dalam usaha Judicial Review tersebut. Untuk itu pihaknya mendorong, adanya usaha memperoleh informasi cadangan dibawah permukaan tanah (subsurface) sebagai langkah awalnya mengetahui posisi Blora dalam Blok Cepu.

Diperolehnya Participating Interest (PI) atas operasi Blok Cepu, untuk Kabupaten Blora dan Provinsi Jawa Tengah, menjadi pengakuan tidak langsung bahwa Blora masuk blok.

"Bisa tidak itu jadi preseden," ungkapnya dengan nada bertanya. 

Lebih jauh dia berpendapat, dalam UU nomor 33 tahun 2004 yang perlu dirubah adalah pasal 19 pasal 2.

"Disitu ada kalimat dalam provinsi. Itu diganti aja menjadi radius. Bagi rata untuk radius sekitarnya gitu lho," kata dia. 

Dengan dirubahnya UU tersebut melalui Mahkamah Konstitusi, menurut dia, akan berpengaruh pada produk hukum atau aturan dibawahnya. 

Sementara, Seno Margo Utomo, Tenaga Ahli Fraksi PKS, menyampaikan mantan Plt Dirut Pertamina (Persero) tersebut bersedia menjadi menjadi saksi ahli dalam persidangan di MK.

"Karena disini ada kepentingn nasional," tandasnya