Perkenalkan Caleg Perindo Saat Nyadran, Kades Jatiblimbing Diperiksa Bawaslu
DAMARKITA.COM | 21/03/2019 09:00
Perkenalkan Caleg Perindo Saat Nyadran, Kades Jatiblimbing Diperiksa Bawaslu
(Dokumentasi : Komisioner Bawaslu Dian Widodo dan Mujiono Kantor Bawaslu, Senin, 14-1-2019. Foto Syafik)

Bojonegoro- Kepala Desa Jatiblimbing Kecamatan Dander Bojonegoro, berinisial Tkn, terancam dipenjara. Setidaknya jika terbukti melakukan kampanye untuk salah satu calon anggota DPR RI dari Partai Perindo.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bojonegoro, Bidang Penindakan pelanggaran Dian Widodo menjelaskan, pada waktu acara nyadran atau sedekah bumi di Kades Jatiblimbing memperkenalkan salah satu caleg DPR RI dari Partai Perindo.

BACA JUGA: Para PSK di Blora Disasar Test HIV/AIDS

Tidak hanya memperkenalkan, tetapi yang bersangkutan juga mengajak warga di Desa Jatiblimbing, yang hadir untuk memilih caleg DPR RI tersebut. Acara nyadran itu sendiri sudah berlangsung di Desa Jatiblimbing, pada Rabu 13-3-2019.

“Kita punya petunjuk dan saksi untuk perkara ini,” ujarnya pada damarkita.com, Selasa 19-3-2019. Lebih lanjut Dian, panggilanya, mengatakan pihaknya sudah meminta keterangan kepada Kades Jatiblimbing.

Dalam Rapat Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu), diputuskan untuk melanjutkan perkara Kades Jatiblimbing ke tahap berikutnya. Rapat itu sendiri digelar hari ini Selasa, 19-3-2019, di Kantor Bawaslu Bojonegoro.“Hasil rapat Gakumdu, kita lanjutkan kasus ini,” tandasnya.

BACA JUGA: Di Bojonegoro 5.190 Surat Suara Rusak

Dari hasil rapat itu, Kades Jatiblimbing diduga melakukan pelanggaran undang -undang pemilu no 7 tahun 2017 Pasal 490 jo pasal 282 . Sedangkan ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara dan denda maksimal Rp 24 juta.

DAMARKITA.COM


BERITA TERKAIT