Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Utara Melambat 2 Tahun Terakhir
SULUTDAILY.COM | 16/07/2019 15:59
Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Utara Melambat 2 Tahun Terakhir

SULUTDAILY | Manado – Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara selama dua tahun terakhir mengalami perlambatan, dari 6, 32 persen tahun 2017 menjadi 6, 01 persen tahun 2019 

Lainnya: Empat Alasan, Mengapa Perempuan Manado Selalu Dibilang Cantik

“Perlambatan ini harus diwaspadai karena pertumbuhan ekonomi Sulut masih di atas nasional ,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat dalam Seminar Nasional bertajuk ‘Mendorong Investasi yang Mendukung Sektor Industri di Provinsi Sulut yang dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus ISEI Manado, Sulawesi Utara Periode 2019-2022 di Kantor BI Sulut, Senin (15/07/2019).

Lainnya: Motor Masuk Jurang di Perkebunan Kohua Nyawa Riska Tak Tertolong

Menurut Arbonas, perkembangan perekonomian global maupun nasional, cukup berpengaruh terhadap perekonomian di Sulut. Penurunan harga komoditas di pasar internasional berdampak pada turunnya permintaan terhadap komoditas ekspor unggulan Sulut yakni kopra, pala dan cengkih.

” Turunnya harga kopra hingga 50 persen di tahun dua tahun ini sangat berdampak ke pertumbuhan ekonomi,” ujarnya sambil menambahkan lapangan usaha pertanian besar kontribusinya pada PDRB atau pertumbuhan ekonomi Sulut yakni sekitar 21 persen. (Jr/*)


BERITA TERKAIT