Politikus Perempuan Kuasai Bursa Calon Wali Kota Manado
SULUTDAILY.COM | 18/06/2019 17:15
Politikus Perempuan Kuasai Bursa Calon Wali Kota Manado

SULUTDAILY|| MANADO – Tahun depan penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado (Pilwako). Artinya, tahun ini partai politik maupun para kandidat sudah harus mempersiapkan diri.

Dari sederetan nama bakal calon yang muncul, nama sejumlah tokoh perempuan pun mencuat. Mereka disebut-sebut layak untuk maju menjadi calon Walikota maupun Wakil Walikota di ibukota provinsi Sulawesi Utara ini.

BACA: Pemkot Warning Developer dan Warga yang tidak Memiliki IMB

Berikut nama yang masuk nominasi dan kelebihan alias kekuatan mereka berdasarkan tiga faktor penentu kemenangan kandidat dalam sebuah ‘pertarungan’ politik.

1.Telly Tjanggulung

*Popularitas: sudah ada/ sudah dikenal, *Mesin politik: jelas tinggal pilih: Nasdem, Golkar, Partai Gabungan, Jalur Independen. *Modal politik: tersedia.

2.Hillary Brigita Lasut

*Popularitas: sudah ada/ sudah dikenal, *Mesin politik: jelas tinggal pilih: Nasdem, Golkar, Partai Gabungan, Jalur Independen. *Modal politik: tersedia.

3.Felly Runtuwene

*Popularitas: sudah ada/ sudah dikenal, *Mesin politik: Nasdem. *Modal politik: tersedia.

4.Aaltje Dondokambey

*Popularitas: sudah ada/ sudah dikenal, *Mesin politik: PDIP. *Modal politik: tersedia.

5.Sonya Selviana Kembuan (SSK)

*Popularitas: mulai dikenal. *Mesin politik: belum jelas. *Modal politik: tersedia.

6.Paula Runtuwene

*Popularitas: sudah ada/ sudah dikenal. *Mesin politik: jelas tinggal pilih: Nasdem, Demokrat, Jalur Independen. *Modal politik: tersedia.

7.Nortje Van Bone

*Popularitas: sudah ada/ sudah dikenal, *Mesin politik: Demokrat, *Modal politik: tersedia.

Nama Tetty Paruntu Bupati Minahasa Selatan dan Vonny Anneke Panambunan (VAP) Bupati Minahasa Utara juga ikut muncul. Cukup beralasan karena keduanya sudah dua periode menjabat yang artinya harus mencari wilayah lain jika ingin mengabdi sebagai kepala daerah. 

“Hanya saja kemungkinan kecil Tetty dan VAP akan ke Pilwako Manado. Selain dinamika yang berbeda, Tetty sebagai Ketua DPD Golkar sepatutnya mencoba peruntungan di Pilgub Sulawesi Utara karena memang semua kekuatan dan kharisma Tetty patut diperhitungkan di Pilgub Sulut 2020 nanti. Hampir sama dengan posisi VAP yang sangat fenomenal dan sudah sangat dikenal di tingkat provinsi,” ungkap pengamat politik Sulut Prof Welly Areros kepada Sulutdaily, Selasa (28/05/2019).

Menurut Areros, Bupati Minut VAP memang punya peluang di Pilwako Manado. Apalagi kemungkinan VAP tak bisa lagi maju di Pilkada Minut karena terhitung sudah dua periode menjabat. Seperti diketahui pada periode awal VAP tidak memimpin penuh selama 5 tahun karena sempat tersadung kasus dan pernah di pidana.

“Kandidat perempuan punya daya tarik tersendiri saat ini. Terbukti banyaknya caleg daerah sampai DPR RI, DPD yang terpilih cukup banyak dari kaum perempuan,” tuturnya.

Lantas menurut Areros siapa kandidat perempuan yang berpeluang besar menang di Pilwako Manado? 
“Menurut saya Telly Tjanggulung atau Aaltje Dondokambey. Kalau PDIP turunkan kandidat laki-laki sebagai Cawali Manado dari PDIP maka Ibu Aaltje tidak cocok untuk posisi papan dua (wakil walikota, red). Artinya tersisa Telly Tjanggulung yang bisa muncul dari Golkar, Nasdem, Partai Gabungan atau Jalur Independen. Jika T2 dapat pasangan papan dua (wakil) yang mendongkrak suaranya maka kemungkinan menang besar,” kata dosen Fispol Unsrat Manado ini.

BACA: Pemkot Manado dan Instansi Terkait Sepakat Lawan Korupsi

Senada diungkapkan Drs Julius Randang, pengamat politik lainnya yang juga dosen Fispol Unsrat Manado. Menurutnya dinamika Pileg dan Pilkada apalagi Pilwako Manado jauh berbeda. Partai peraih suara terbanyak saat Pileg bukan jaminan bisa memang saat Pilwako nanti.

“Ini politik, apa saja bisa terjadi. Apalagi penentu kemenangan bukan hanya figur papan satu tapi papan duanya juga. Pilwako Manado pasti seru dan sulit diprediksi,” ungkapnya. (yr) 

SULUTDAILY.COM


BERITA TERKAIT