Erupsi Gunung Karangetang, Bupati Sitaro Belum Bisa Menembus Kampung Batubulan
SULUTDAILY.COM | 12/02/2019 08:50
Erupsi Gunung Karangetang, Bupati Sitaro Belum Bisa Menembus Kampung Batubulan

SULUTDAILY|| Siau- Warga Kampung Batubulan yang terisolir sejak 5 Pebruari lalu akibat larva gunung api Karangetang kini membutuhkan bantuan penanganan lebih optimal dari pemerintah. Pemkab Sitaro selalu sering gagal untuk tembus ke lokasi karena ombak yang besar.

Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Sitaro Evangelien Sasingen didampingi Wakil Bupati Jhon Palandung mengatakan Pemkab Sitaro dan tim tidak bisa maksimal memantau kondisi warga Kampung Batubulan karena kondisi cuaca dilaut kurang memungkinkan . ” Gelombang dilaut sangat besar dan kami tidak bisa tembus kesana. Kami butuh Helikopter, kiranya pemerintah pusat bisa membantu,” kata Bupati kepada sejumlah wartawan Sabtu (09/02/2019).

BACA JUGA: Suara Gemuruh Terdengar dari Karangetang, Bupati Eva Himbau Warga Tetap Waspada

Meski demikian Bupati menjamin untuk 15 hari kedepannya stok bantuan makanan di Kampung Batubulan masih tersedia. ” Ada perahu khusus mengantarkan bantuan yang berusaha tembus ke sana. Jadi ada stok bantuan untuk beberapa hari,” kata Bupati Eva.

Sebelumnya, Kamis (07/02/2019) Rombongan Bupati bersama Basarnas menuju lokasi Batubulan, namun kapal Basarnas gagal berlabuh di kampung Batubulan karena gelombang yang besar. Dari Pelabuhan Pehe, Bupati dan rombongan naik KN SAR Bima Sena milik Basarnas Manado.

BACA JUGA: 22 Warga Dievakuasi, Gunung Karangetang Keluarkan Lava Panas

” Tiap hari saya kontrol lewat laut karena darat sudah tidak bisa. Beberapa kali bisa tembus ke Batubulan. Tapi paling banyak gagal. Saya selalu berupaya mendatangi mereka untuk memberikan semangat bahwa bencana ini akan berlalu dan Tuhan pasti menolong,” kata Bupati kepada sulutdaily.

Baca selengkapnya di SULUTDAILY.COM


BERITA TERKAIT