Gunung Soputan Masih Siaga Level III, Warga Tidak Beraktivitas di Radius 6,5 Km
SULUTDAILY.COM | 06/02/2019 15:13
Gunung Soputan Masih Siaga Level III, Warga Tidak Beraktivitas di Radius 6,5 Km
Gunung Soputan mengeluarkan abu vulkanik hingga 7,5 km saat erupsi pada 16 Desember 2018. twitter.com/Sutopo_PN

SULUTDAILY|| Manado- KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Soputan Steve Stuward Muaja Rotti, A.Md melaporkan tinggkat aktivitas Gunung Soputan masih tetap berstatus siaga -level III. Untuk itu Masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dari puncak G. Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6.5 km yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

‘’ Harus diwaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng G. Soputan, seperti S. Ranowangko, S. Lawian, S. Popang dan Londola Kelewahu. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan,’’kata Steve .

BACA JUGA: Diduga Serangan Jantung, Ketua DPRD Mitra Tutup Usia

Laporan periode pengamatan, Rabu (30/01/2019) Pukul 12:00-18:00 WITA, Gunung Soputan (1809 mdpl). Cuaca mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara. Suhu udara 23-27 °C, kelembaban udara 0-0 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg. Terlihat Gunung berkabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Kegempaaan, Guguran dengan jumlah : 4, Amplitudo : 2-8 mm, Durasi : 6-12 detik).

Seperti diketahui bahwa status Siaga Level III Gunung Soputan sudah sejak oktober 2018 lalu.(Jr)

SULUTDAILY.COM


BERITA TERKAIT