Erupsi Gunung Karangetang, Kampung Batubulan Terisolir, Hanya Bisa Diakses Lewat Laut
SULUTDAILY.COM | 06/02/2019 08:00
Erupsi Gunung Karangetang, Kampung Batubulan Terisolir, Hanya Bisa Diakses Lewat Laut

SULUTDAILY|| Siau- Bencana erupsi Gunung Api Karangetang di Desa Batubulan Kecamatan Siau Barat Utara, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah menyebakan Kampung Batutubulan terisolir, 112 warga di evakuasi.

Jaringan listrik sudah dimatikan dan akses jalan masuk menuju Kampung Batubulan sudah ditutup oleh Pos Pengamanan TNI/POLRI di dua arah dikarenakan material lava pijar di kali Batuare dan kali Malebuhe sudah berjarak kurang lebih 25 meter dekat dengan jalan dan jembatan. Jalur komunikasi hanya bisa menggunakan HT dan Repieter .

Bupati Sitaro Evengelien Sasingen mengakui memang sudah tidak ada lagi aktifitas baik kendaraan yang menuju ke kampung Batubulan. ‘’ Kampung Batubula sudah terisolir saat ini, listrik sudah dimatikan dan akses yang bisa dijaungkau untuk menuju kesana hanya lewat laut,’’kata Bupati Eva kepada Sulutdaily Selasa (05/02/2019).

122 warga yang dievakuasi kini ditempatkan diloaksi pengungsian Gereja GMIST Nazareth Niambangeng dan sebanyak 12 Jiwa (5 KK) mengungsi di rumah keluarga. Bantuan dari tenaga medis sudah berada di lokasi dan sudah membentuk Pos Kesehatan masing – masing pos pengungsian. Namun kondisi air bersih dipengungsian cukup memperihatikan.

Bupati Eva bersama rombongan memantau  lokasi pengungsian dan ke lokasi di dekat kali aliran lava pijar gunung Karangetang. ‘’Sekitar pukul 17.30 WITA akses jalan menuju kampung Batubulan sudah tertutup material lava pijar, pepohonan dan bebatuan di kali Malebuhe,’’kata Bupati sambil menambahkan luncuran lava sudah sampai ke laut.

Baca berita lengkap soal erupsi Gunung Karangetang di SULUTDAILY.COM 


BERITA TERKAIT